Siap Muncak? Ini Daftar Gunung yang Sudah Dibuka untuk Pendakian

Ilustrasi. - Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay
24 Oktober 2020 18:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Akibat pandemi Virus Covid-19, gunung ditutup untuk pendakian. Namun, sejumlah gunung mulai dibuka.

Tentunya pendaki harus tetap mentaati protokol kesehatan sesuai aturan dari pemerintah yaitu selalu menggunakan masker, menunjukkan surat keterangan sehat, tetap menjaga jarak dan mencuci tangan.

Berikut adalah daftar gunung yang sudah dibuka untuk para pendaki:

1. Gunung Tangkuban Parahu

Taman Wisata Tangkuban Parahu telah dibuka sejak 13 Juni 2020 silam. Meski begitu untuk memasuki Kawasan ini pengunjung tetap menggunakan dan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh pengunjung akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, harus menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan.

2. Gunung Prau

Gunung Prau telah dibuka kembali sejak tanggal 10 Agustus 2020. Pendaki tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pendaki pada gunung Prau diberi batasan hingga 50 persen. Pendaki gunung Prau dapat melalui jalur Patak Banteng, Kali Lembu, Wates, Igirmranak, Dieng dan Dwarawati.

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro telah dibuka kembali, dan pendaki dapat melalui jalur Kledung, Banaran dan Alang-Alang Sewu. Para pendaki diwajibkan untuk mentaati protokol kesehatan dan membawa peralatan lebih demi keselamatan.

4. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing telah dibuka melalui jalur Garung, Dusun Butuh dan Kaliangkrik sejak tanggal 1 Agustus 2020. Pendaki harus mematuhi protokol kesehatan dan melampirkan surat keterangan sehat.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu telah dibuka untuk umum sejak 22 Juni 2020 silam. Gunung Lawu telah menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, tetap menjaga jarak aman.

Itulah daftar gunung yang sudah dibuka sejak pandemi virus corona. Selamat mendaki dan jaga keselamatan dan kesehatan.

Sumber : Suara.com