Advertisement

Sekolah di 163 Daerah Zona Kuning Sudah Bisa Belajar Tatap Muka

Nyoman Ary Wahyudi
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Sekolah di 163 Daerah Zona Kuning Sudah Bisa Belajar Tatap Muka Sejumlah murid berlari memasuki ruang kelas di SD Negeri 1 Praja Taman Sari di Desa Wonuamonapa, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (13/7/2020). Pihak sekolah terpaksa menerapkan pembelajaran dengan tiga kali pertemuan tatap muka di sekolah dalam sepekan karena terbatasnya jaringan telekomunikasi untuk penerapan pembelajaran jarak jauh secara daring guna mencegah penyebaran Covid-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan wilayah zona kuning Covid-19 sudah dapat mulai menggelar kegiatan belajar secara tatap muka. Namun, pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Per tanggal 2 Agustus, ada 163 zona kuning yang kiranya nanti akan bisa dilakukan kegiatan belajar tatap muka, tetapi sesuai kebijakan Kemendikbud, polanya hampir sama dengan zona hijau. Artinya keputusan untuk memulai sekolah dikembalikan kepada kepada daerah bupati/walikota dan gubernur, karena para pejabat itulah yang paling tahu [kondisi] di daerah masing-masing," kata DoniĀ  dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8/2020).

Advertisement

Lebih lanjut, Doni menjelaskan bahwa rencana memulai kegiatan sekolah tatap muka selain di zona hijau, yaitu di zona kuning telah dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

"Kita melihat Indonesia tidak bisa pada satu sisi, karena Indonesia memiliki rentang luas yang panjang lebih dari 5.000 kilometer, ada lebih dari 17.000 pulau ternyata sudah memasuki bulan kelima, maka kita bisa melihat tidak semua wilayah memiliki risiko yang sama," ujarnya.

Doni mengungkapkan saat ini sudah ada beberapa daerah yang sudah memulai uji coba belajar tatap muka, tapi dalam pelaksaanaannya ternyata tidak mudah. Pasalnya, tidak seluruh orang tua mengizinkan anaknya belajar secara tatap muka di sekolah.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19, data zonasi risiko Covid-19 periode 27 Juli - 1 Agustus 2020 mencatat ada 163 kabupaten/kota berisiko rendah atau zona kuning.

Selain itu, ada 51 kabupaten/kota yang tidak ada kasus baru atau zona hijau dan ada 35 kabupaten/kota yang tidak terdampak dan masuk juga dalam zona hijau.

Di sisi lain, masih ada 33 kabupaten/kota yang berisiko tinggi atau zona merah dan ada 194 kabupaten/kota yang berisiko sedang atau zona oranye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Mulai Sosialisasikan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Perseorangan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement