Advertisement

Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko Aman Dikunjungi Wisatawan

Newswire
Sabtu, 07 Maret 2020 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko Aman Dikunjungi Wisatawan Ilustrasi Candi Borobudur. - Ist/Borobudur Park

Advertisement

Harianjogja.com, BOROBUDUR - Seluruh objek wisata candi di bawah PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dinyatakan aman untuk dikunjungi di tengah masuknya kasus Corona di Indonesia.  

"Kami tegaskan bahwa wisata candi, baik Candi Borobudur, Prambanan, maupun Ratu Boko saat ini dalam kondisi aman untuk dikunjungi wisatawan," kata Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari di Pendopo Candi Sewu Prambanan, Sabtu (7/3/2020). 

Advertisement

Menurut dia, selain objek wisata candi, destinasi objek lain di bawah pengelolaan PT TWC juga dijamin aman dari penyebaran COVID-19. "Seperti Sendratari Ramayana, Hotel Manohara, Boko Resto dan destinasi lain yang ada di komplek wisata candi semuanya aman untuk dikunjungi," katanya.

Ia mengatakan, sebagai langkah antisipasi pihaknya juga melakukan berbagai persiapan seperti pengecekan suhu badan terhadap pengunjung di objek wisata candi.

"Kami juga menyediakan antiseptik atau 'hand sanitizer' di beberapa titik area candi yang dapat digunakan para pengunjung candi," katanya.

Emilia mengatakan, pihaknya juga menyediakan tenaga medis di area candi agar dapat memberikan pertolongan dengan cepat jika ditemukan ada wisatawan yang terindikasi atau mengalami gejala seperti terinfeksi COVID-19.

"Tenaga medis ini akan memberikan penanganan awal, dan bila memang ada indikasi maka langsung akan dibawa ke rumah sakit terdekat," katanya.

Ia mengatakan, adanya isu COVID-19 ini memang mengakibatkan penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata candi.

"Penurunan jumlah kunjungan wisatawan cukup signifikan, dari Februari hingga Maret ini antara 30 hingga 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement