Advertisement

Bebas dari Pemakzulan, Donald Trump: Kemenangan

Newswire
Kamis, 06 Februari 2020 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bebas dari Pemakzulan, Donald Trump: Kemenangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON DC - Senat AS membebaskan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dari pemakzulan dalam voting yang digelar Rabu (5/2/2020) waktu setempat.

Dikutip Detikcom yang melansir AFP, Kamis (6/2/2020), dalam pernyataan via akun Twitter-nya, Trump menyebut hasil voting Senat AS itu sebagai 'kemenangan'. Namun dia baru akan memberikan tanggapan resmi kepada publik pada pada Kamis (6/2/2020) siang waktu AS.

Advertisement

"Saya akan memberikan pernyataan publik besok, pukul 12.00 waktu setempat, dari @WhiteHouse untuk membahas KEMENANGAN negara kita terhadap hoax pemakzulan!" ucap Trump via kicauan Twitternya.

Sebelumnya Trump memposting sebuah video singkat yang menampilkan sampul palsu majalah TIME yang menyatakan dirinya sebagai presiden seumur hidup.

Dalam voting yang digelar Senat AS pada Rabu (5/2/2020) waktu setempat, Trump dibebaskan dari dua dakwaan pemakzulan.

Untuk dakwaan pertama, yakni menyalahgunakan kekuasaan, sebanyak 52 suara Senator AS menolaknya dan hanya 48 suara yang mendukung. Dakwaan kedua yakni menghalangi Kongres AS, sebanyak 53 Senator AS menolak dan 47 suara lainnya mendukung.

Hasil voting itu jauh dari ketentuan mayoritas dua pertiga suara yang dibutuhkan untuk bisa memakzulkan Trump sepenuhnya. Pada Desember 2019, Trump resmi dimakzulkan oleh House of Representatives (HOR) atau DPR AS atas dua dakwaan tersebut. Namun tanpa validasi Senat AS, pemakzulan Trump tidak bisa berlaku sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement