Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan Terima Tabungan Hari Tua dan Pensiun

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerima hak tabungan hari tua dan hak pensiun sebagai menteri pada Kabinet Kerja 2014-2019 pada Senin (4/11/2019). - Instagram @ignasius.jonan
05 November 2019 10:57 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerima hak tabungan hari tua dan hak pensiun sebagai menteri pada Kabinet Kerja 2014-2019 pada Senin (4/11/2019).

Jonan mengabarkan penerimaan pensiun dan tabungan hari tua itu melalui akun Instagram @ignasius.jonan. Uang pensiun dan dan tabungan hari tua itu diserahkan Direktur Operasional Taspen Ermanza bersama Direktur Keuangan Taspen ANS Kosasih, dan disaksikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Upik Jamil.

Seberapa besar pensiun seorang mantan menteri?

Dikutip dari laman www.taspen.co.id, penggunaan dana APBN untuk pembayaran program pensiun PNS diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 82/PMK.02/2015 tentang Tata Cara Perhitungan, Penyediaan, Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Belanja Pensiun yang Dilaksanakan oleh PT TASPEN (PERSERO) dan PT ASABRI (PERSERO).

Taspen menguraikan formula perhitungan pensiun seorang pejabat negara sebagai berikut:

PEJABAT NEGARA
State Officials
Presiden dan Wakil Presiden
Sendiri
100% x gaji pokok terakhir
Janda/Duda
50% x gaji pokok terakhir
Yatim/Piatu
50% x gaji pokok terakhir
Orang Tua
Tidak ada
Selain Presiden
Sendiri
1% x masa kerja (dalam bulan) x gaji pokok terakhir
minimum 6% x gaji pokok terakhir
maksimum 75% x gaji pokok terakhir
Janda/Duda
50% x gaji pokok terakhir
Yatim/Piatu
50% x gaji pokok terakhir
Orang Tua
Tidak ada

Sumber : Bisnis.com