Advertisement

Jadi Wamenlu, Mahendra Siregar Bertugas Amankan Posisi RI di Tengah Perang Dagang

Rayful Mudassir
Jum'at, 25 Oktober 2019 - 12:07 WIB
Nina Atmasari
Jadi Wamenlu, Mahendra Siregar Bertugas Amankan Posisi RI di Tengah Perang Dagang Surya Mahendra Siregar - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mahendra Siregar ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 - 2024. Sebelumnya, ia merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan tertulisnya,  Mahendra menyebut Presiden Jokowi memberikan sejumlah arahan yang harus dilakukannya dalam lima tahun ke depan. Dia memerinci tugas wamen luar negeri yang mesti dijalankan dalam lima tahun terakhir yaitu menjalankan langkah strategis menghadapi kondisi ekonomi global.

Advertisement

"Mengoptimalkan posisi Ri di tengah US - China trade war. Segera selesaikan semua masalah pending GSP review dalam 1 bulan," katanya, Jumat (25/10/2019).

Selain itu, berdasarkan arahan Presiden, Mahendra juga diminta mendorong koordinasi kuat bagi lima industri padat karya berteknologi yang siap mengambil posisi positif di tengah trade war dengan tingkatkan investasi lima produk tersebut.

Kelimanya adalah tekstil dan produk tekstil, produk karet, sepatu, elektonik dan home appliances dan furnitur.

"[Perintah presiden] mantanpakan kemampuan penetrasi industri potensial dan perkuat fondasi serta ekosistem industri manufaktur lainnya," terangnya.

Sebelum menjadi Dubes AS, Mahendra Siregar sudah beberapa kali masuk ke kabinet pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Wakil menteri Perdagangan ke-5 pada 2010 - 2011 dan menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan ke - 7 pada 2011 - 2013.

Setelah itu, Mahendra juga sempat ditunjuk sebagai Kepala Badan Koordinasi penanaman Modal pada 2013 - 2014 dan Direktur Eksekutif Council Palm Oil Producing Countries (CPOPC), yaitu perkumpulan negara-negara yang memproduksi kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement