Baru Hari Pertama Dilantik, 290 Anggota DPR yang Baru Sudah Membolos

Rapat paripurna DPR RI. - Bisnis Indonesia/Himawan L Nugraha
01 Oktober 2019 23:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Ratusan anggota DPR yang baru saja dilantik memilih bolos dan tak mengikuti sidang paripurna pelantikan pimpinan lembaga tersebut.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna ke-2 masa persidangan I tahun sidang 2019-2020 pada Selasa (1/10/2019) malam.

Rapat yang dipimpin oleh Pimpinan DPR sementara oleh Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Brigitta Lasut dimulai sekiranya pada pukul 19.30 WIB.

Abdul Wahab menyatakan, berdasarkan catatan Sekretariat Jendral DPR RI, rapat paripurna dihadiri 285 anggota DPR periode 2019-2024 dari 575 jumlah totalnya. Maka, yang tidak hadir 290 anggota.

“Dengan begitu rapat paripurna kita buka,” kata Abdul Wahab di ruang rapat paripurna.

Sebanyak 285 anggota yang hadir itu terdiri dari 94 anggota Fraksi PDIP, Fraksi Partai Golkar 31 orang, Gerindra 46 orang, NasDem 27 orang, PKB 15 orang, Demokrat 4 orang, PKS 25 orang, PAN 7 orang dan PPP 16 orang.

Sementara untuk agenda rapat paripurna yang akan dilangsungkan dalam rapat paripurna ialah penetapan nama-nama fraksi-fraksi di DPR RI, penetapan pimpinan DPR RI, pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPR RI. Kemudian, penyerahan kepemimpinan dari pimpinan sementara DPR RI kepada pimpinan DPR RI yang telah ditetapkan dan pidato ketua DPR RI terpilih.

Lima pimpinan DPR RI telah dipilih sebelumnya. Ketua DPR RI akan diisi oleh Puan Maharani dari PDI Perjuangan. Sedangkan Wakil Ketua DPR akan diisi oleh Aziz Syamsudin yang dikirimkan oleh Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Partai Nasional Demokrat dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sumber : Okezone.com