Advertisement

Rapat Paripurna Akan Tetapkan Puan Jadi Ketua DPR

Newswire
Selasa, 01 Oktober 2019 - 19:47 WIB
Sunartono
Rapat Paripurna Akan Tetapkan Puan Jadi Ketua DPR Anggota DPR RI periode 2019 - 2024 fraksi PAN Asman Abnur (kiri), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kiri), Ketua MPR periode 2014-2019 Zulkifli Hasan (ketiga kiri), Ketua DPR periode 2014-2019 Bambang Soesatyo (kedua kanan), dan Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) berfoto bersama usai mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10 - 2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 ora

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pimpinan DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan Rapat Paripurna DPR pada Selasa pukul 19.00 WIB akan menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

"Rapat konsultasi pimpinan DPR sementara dengan wakil partai politik DPR pengganti rapat badan musyawarah telah menetapkan jadwal rapat paripurna dan pimpinan DPR," kata Abdul Wahab ditemui sesuai rapat konsultasi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/1/2019).

Advertisement

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan pemilihan pimpinan DPR periode 2019-2024 berbeda dengan periode sebelumnya. Lima pimpinan DPR, yaitu ketua dan empat wakil ketua, akan dijabat oleh lima besar partai politik pemenang pemilu.

Karena itu, posisi pimpinan akan ditentukan oleh fraksi-fraksi yang memiliki suara lima besar terbanyak di DPR. Masing-masing fraksi sudah menyerahkan nama-nama anggotanya yang akan menjadi pimpinan DPR.

"Hanya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa [PKB] yang belum menyerahkan nama untuk menjadi pimpinan DPR," tuturnya.

Anggota DPR tertua itu mengatakan rapat konsultasi juga sudah menetapkan sembilan fraksi yang ada di DPR, yaitu partai-partai politik yang mendapatkan kursi di DPR.

Selain menetapkan pimpinan DPR, rapat paripurna DPR juga mengagendakan pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPR dan pidato perdana ketua DPR definitif.

Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD periode 2019-2024 mengikuti pelantikan yang diadakan di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pelantikan anggota DPR/DPD/MPR dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement