Disaksikan Panglima TNI dan Kapolri, Ini Isi Deklarasi Kesepakatan Bersama di Jayapura

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kelima kanan), Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (keempat kiri) bersama tokoh masyarakat Mimika dan Jayawijaya mengepalkan tangan seusai melakukan dialog di Mimika, Papua, Rabu (28/8/2019). - Antara/Sevianto Pakiding
06 September 2019 07:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAYAPURA--Penandatanganan deklarasi kesepakatan dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai, ditandatangani di Jayapura, Rabu (5/9/2019) malam. Deklarasi ini disaksikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Deklarasi yang ditandatangani tokoh masyarakat, agama, dan pemuda itu diakhiri dengan tanda tangan Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Pembacaan deklarasi disampaikan Ketua Papua (MRP) Timotius Murib yang diikuti seluruh hadirin dengan bergandeng tangan.

Adapun isi dari deklarasi adalah kami warga negara kesatuan RI dengan beragam suku, bahasa, agama dan sepakat menyatakan satu (1) menjaga kesatuan dan persatuan di Tanah Papua, dua (2) hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang, tiga (3) sepakat dengan tidak terpengaruh isue-isue yang tidak benar dan empat (4) sepakat menolak kelompok radikal dan separatis di Tanah Papua.

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe mengajak seluruh masyarakat di Tanah Papua untuk hidup berdampingan dengan damai dan menjaga ke Bhinneka Tunggal Ika. “Mari kita hidup berdampingan, menjaga kesatuan dan persatuan, karena kita satu Indonesia," tegas Gubernur Enembe.

Ia meminta tidak boleh ada lagi perbedaan, saling mencelah satu dengan lainnya karena semua manusia punya hak hidup yang sama.

“Saya juga menjamin seluruh warga yang hidup di Papua dan berharap mahasiswa dan warga Papua yang tinggal di luar jangan merasa terkekang dan hidup membaur dengan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya,” tegas Gubernur Enembe.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tiga mantan Kapolda Papua yakni Irjen Pol Martuani Sormin, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Irjen Pol Boy Rafli, serta perwira tinggi yang turut mendampingi kunjungan Kapolri dan Panglima TNI.

Sumber : Antara