Pramuka Tabur Bunga di TMP Kalibata Jelang Hari Jadi

Ilustrasi pramuka - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
10 Agustus 2019 20:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Jelang Hari Pramuka ke 58 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso, memimpin ziarah makam dan tabur bunga.

“Tabur bunga ini walaupun formalitas tapi tetap dilakukan untuk mendidik Pramuka seluruh Indonesia bahwa kita tidak lupa dengan para pahlawan nasional termasuk pahlawan kepramukaan,” kata Kak Budi, usai kegiatan, Sabtu (10/8/2019).

Ia berkata, kegiatan tabur bunga dilakukan di beberapa makam pahlawan untuk mewakili penghormatan kepada seluruh pahlawan bangsa.

Banyak anggota Pramuka yang turut tabur bunga, termasuk Siaga (Pramuka usia anak-anak).

Tabur bunga ke makam pahlawan itu diawali dengan upacara yang dihadiri ratusan anggota Pramuka dari berbagai tingkatan. Dalam upacara, Kak Budi juga bertindak sebagai pemimpin rombongan.

Dalam kesempatan yang sama, Kak Budi, yang baru dilantik sebagai ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada akhir Desember tahun lalu itu berharap pendidikan Pramuka fokus secara substansial, tidak lagi dibawa ke ranah politik atau kepentingan kelompok tertentu.

“Pramuka harus kepentingan Nasional untuk membangun hubungan dan jati diri yang akan dilihat secara internasional,” ujar dia.

Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus. Puncak peringatan tahun ini akan digelar pada Rabu (14/8/2019) di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, dengan upacara nasional yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Sumber : antara