Advertisement

Ini Kiat Khofifah untuk Cegah Stunting

Newswire
Sabtu, 20 Juli 2019 - 19:57 WIB
Sunartono
Ini Kiat Khofifah untuk Cegah Stunting Ilustrasi stunting. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA--Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai perlunya intervensi kolaborasi dengan berbagai lembaga terkait untuk mempercepat pencegahan stunting di wilayah setempat.

"Percepatan pencegahan stunting ini perlu ada intervensi kolaborasi dengan berbagai lembaga, salah satunya Ikatan Bidan Indonesia [IBI]," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (20/7/2019).

Advertisement

Menurut dia, saat ini stunting dan angka kematian ibu masih menjadi pekerjaan rumah di Jatim. Sesuai data dari Dinas Kesehatan Jatim berdasarkan Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) per 20 Juli 2019, prevalensi stunting balita di Jatim masih tinggi, yakni sebesar 36,81%.

Sedangkan, tiga daerah tertinggi prevalensinya yaitu di Kota Malang sebanyak 51,7 persen, Kabupaten Probolinggo 50,2 persen dan Kabupaten Pasuruan 47,6 persen.

Selain itu, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 prevalensi stunting balita umur 0 sampai 59 bulan di Jatim mencapai 32,81 persen.

Angka ini, kata dia, lebih tinggi dari prevalensi stunting nasional yakni sebesar 30,8 persen.

Gubernur Khofifah mengatakan khusus permasalahan stunting telah menjadi kesadaran kolektif mulai dari Presiden hingga masyarakat, bahkan disadari persoalan ini perlu ditangani serius.

"Pihak Kemenkeu menyadari bahwa seluruh energi telah diberikan untuk menyiapkan sumber daya manusia berkualitas, tetapi kalau jumlah penduduk yang stunting tidak tereduksi maka akan menjadi beban," kata mantan menteri sosial tersebut.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu berharap IBI Jatim turut menjadi ujung tombak di daerah-daerah, terutama yang jumlah penderita stunting tinggi, termasuk jumlah kematian ibu dan bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement