Advertisement

Airlangga Hartarto Disorot Akibat Rangkap Jabatan

Aziz Rahardyan
Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:56 WIB
Sunartono
Airlangga Hartarto Disorot Akibat Rangkap Jabatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan pengarahan pada Rapat Konsultasi Partai Golkar di Jakarta, Senin (19/2). - ANTARA/Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Posisi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang merangkap jabatan menjadi sorotan jelang pelaksanaan munas berlambang pohon beringin itu.

Politisi Senior Partai Golkar Lawrence Siburian berharap presiden terpilih Joko Widodo tegas kepada para menteri yang dipilihnya, untuk menanggalkan jabatan sebagai ketua umum partai politik.

Advertisement

Menurut Lawrence, Golkar dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustian mengalami dampak dari rangkap jabatan tersebut. Rangkap jabatan, ujar Lawrence,  membuat fokus kinerja di pemerintahan dan partai terganggu.

"Menteri itu punya tanggung jawab kepada presiden, ada rapat rutin dan agenda pemerintahan. Sementara ketua umum itu harus mengurusi partai, mengurusi rakyat. Dia harus bisa mengurus partai dari Sabang sampai Merauke, bahkan cabang di luar negeri agar rakyat itu cinta, suka, sehingga memilih partai itu," ujarnya dalam sebuah diskusi bertajuk Ngebut Munas Parpol Jelang Kabinet Baru di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019).

Lawrence mengungkap terpilihnya Airlangga sebagai ketua umum ketika masih menjabat sebagai menteri merupakan eksepsi, sebab tak ada calon lain dalam Musyawarah Nasional Golkar 2017 untuk menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi.

Terlebih, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden telah dekat, sehingga hanya nama Airlangga yang ketika itu dianggap menjadi sosok yang sanggup mempersiapkan hal tersebut.

Oleh sebab itu, Lawrence mendorong Airlangga lebih bijak, mendorong percepatan munas. Bukan justru menghindar, lewat manuver-manuver mengganti kepengurusan, atau tak melaksanakan rapat pleno bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement