Advertisement

Iduladha 2019, Global Qurban Tergetkan Kelola 100.000 Kambing Kurban

Salsabila Annisa Azmi
Sabtu, 13 Juli 2019 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
 Iduladha 2019, Global Qurban Tergetkan Kelola 100.000 Kambing Kurban Para peternak memandikan kambing di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) ACT di Blora, Jawa Tengah, Kamis (11/9/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BLORA - Program Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak masyarakat untuk berkurban daging kambing berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Vice President Global Qurban Hafit T. Mas'ud menuturkan untuk kambing dengan berat 30 kilogram hingga 40 kilogram harganya hanya Rp1,65 juta. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan kambing yang dijual secara konvensional.

Advertisement

"Di sini udah ada yang 30 kilogram dan 40 kilogram dengan harga Rp1,65 juta. Kenapa bisa semurah itu? Ya tadi, itu karena adanya pemberdayaan," kata Hafit di Blora, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019).

Pemberdayaan yang dimaksud adalah dalam pengelolaan profesional Global Qurban, terdapat filantropi Islam berbentuk wakaf sebagai penggerak utama. ACT menginisiasi Global Wakaf Foundation sebagai lembaga yang khusus mengelola filantropi dan kebermanfaatan wakaf.

Hafit menjelaskan, harga kambing bisa sama satu dengan yang lain. Akan tetapi, saat musim Iduladha tiba, permintaannya mengalami peningkatan. Hal ini yang menyebabkan harga kambing menjadi naik menjelang lebaran kurban.

"Kambing itu mungkin sama harganya. Tapi kan ada supply dan demand. Kalau saat kurban permintaan tinggi, sehingga karena permintaan tinggi. Supply-nya cuma segitu-gitu saja. Kalau kita kan peruntukkannya memang buat kurban. Jadi memang kita siapkan untuk kurban," kata Hafit

Adapun, Global Qurban yang merupakan program ACT ini menargetkan ada 100.000 kambing yang dapat dikurbankan tahun ini. Jumlahnya kemungkinan 60% untuk luar negeri dan 40% ke dalam negeri. "Tahun lalu untuk Lombok luar biasa (permintaannya). Dalam negerinya jadi lebih tinggi. Kalau sekarang paling 60:40. Kebanyakan memang di luar negeri," kata Hafit.

Dalam program Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT), para dermawan yang berkurban berkesempatan untuk meluaskan kebahagiaan kurban di pelosok Indonesia dan berbagai belahan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement