Advertisement

Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Bisa Lewat Berkuda

Newswire
Sabtu, 13 Juli 2019 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Bisa Lewat Berkuda Presiden Joko Widodo menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, di Hambalang, Bogor. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Media rekonsiliasi antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto bisa melalui media apapun termasuk berkuda bersama. Hal tersebut disampaikan Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo. 

“Banyak mediumlah, misalnya, naik kuda bersama atau medium olahraga lain seperti Asean Games, medium itu selalu terbuka,” ujar Eko pada Rekonsiliasi Indonesia Kerja Menuju Adil Makmur di Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019). 

Advertisement

Menurut dia, rekonsiliasi harus disegerakan dengan tujuan mengajak semua pihak untuk bersama membangun bangsa.

“Persoalan siapa yang akan memulai, itu harus dikesampingkan dan harus berangkat dari kebersamaan. Tidak penting siapa yang memulai, orang hanya melihat pertemuan itu terjadi,” kata Eko.

Jika pertemuan tersebut terjadi, lanjut dia, akan menyelesaikan semua permasalahan politik sehingga pihak ketiga yang mengambil keuntungan dari ketegangan politik akan kehilangan arusnya.

“Jika pertemuan itu terjadi akan menyelesaikan semua permasalahan politik, pertemuan ditingkat elit bisa menyejukkan,” katanya.

Selain pertemuan elit, Eko juga berpendapat rekonsiliasi di tingkat masyarakat juga harus diciptakan mengingat polarisasi yang cukup dalam di tengah masyarakat.

“Masyarakat juga harus melakukan rekonsiliatif karena punya instrumen sosial yang mampu melekatkan seperti gotong royong, walaupun tingkat mikro ada unsur rekonsiliasi ya, itu bisa diciptakan,” ungkap Eko.

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono mengatakan, Gerindra belum mengambil keputusan akan melakukan rekonsiliasi atau tidak.

“Gerindra sampai saat ini belum mengadakan rapat pimpinan untuk menentukan apakah kita akan melakukan pertemuan antara Jokowi dan Prabowo, itu belum dipastikan karena Prabowo juga baru kembali dari luar negeri,” kata Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement