Putusan MK: Jokowi Meyakini Kebesaran Hati Prabowo

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Antara/Wahyu Putro
27 Juni 2019 23:02 WIB Budi Cahyana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Seusai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Pilpres 2019 keluar, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penghormatan kepada rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Saya meyakini kebesaran hati dan kenegerawanan sahabat saya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Beliau berdua memilik visi yang sama dalam membangun Indonesia yang lebih baik, maju, adil dan sejahtera,” kata dia dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (276/6/2019).

Jokowi menegaskan putusan MK seharusnya dihormati bersama karena merupakan putusan final dan mengikat. Dia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia bersatu kembali setelah semua rangkaian Pilpres 2019 selesai mulai dari proses pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, hingga sidang di MK.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia bersatu kembali, bersama-sama membangun dan memajukan Indonesia. Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanya persatuan Indoensia. Walau pilihan politik berbeda, tetapi kita harus saling menghargai dan menghormati,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya yakin semangat kita sama, Indonesia yang bersatu, yang mampu menang menghadapi kompetisi global yang ketat, yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap dia.

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh partai koalisi, sularelawan, dan utamanya seluruh rakyat Indonesia yang telah melalui proses pemilu dengan baik.

“Proses pilpres telah menjadi pembelajaran demokrasi. Rakyat sudah berkehandak. Suara rakyat sudah didengar. Rakyat sudah memutuskan dan diteguhkan jalur konstitusi dengan jalan beradab dan berbudaya.”