Advertisement

Di Jawa Tengah, Jokowi-Ma'ruf Sapu Bersih Seluruh Wilayah & Unggul 11 Juta Suara dari Prabowo-Sandi

Imam Yuda Saputra
Minggu, 12 Mei 2019 - 16:02 WIB
Budi Cahyana
Di Jawa Tengah, Jokowi-Ma'ruf Sapu Bersih Seluruh Wilayah & Unggul 11 Juta Suara dari Prabowo-Sandi Joko Widodo - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — KPU Jawa Tengah (Jateng) telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di 35 kabupaten/kota, Sabtu (11/5/2019). Pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, menyapu bersih kemenangan di seluruh wilayah.

Jokowi-Ma’ruf Amin meraih sekitar 16.825.481 suara dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Jumlah itu unggul telak atas rivalnya, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang hanya meraih 4.991.447 suara atau terpaut 11 juta suara lebih.

Advertisement

Sumbangan suara terbesar Jokowi-Ma’ruf Amin berasal dari beberapa daerah seperti Kota Semarang, Cilacap, Banyumas, dan Brebes. Di wilayah tersebut, Jokowi-Ma’ruf Amin bahkan mampu meraup dukungan lebih dari 700.000 suara.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto, yang dijumpai di sela rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 di KPU Jateng, mengaku senang dengan raihan yang diperoleh paslon nomor urut 01 pada Pilpres 2019 itu.

“Ya itu membuktikan kalau Jateng ‘kandang banteng’. Adanya posko 02 [Prabowo-Sandi] di Jateng membuat kita, para kader jadi lebih termotivasi untuk memenangkan Jokowi,” ujar Bambang.

Sementara itu, Anggota Divisi Data dan Informasi KPU Jateng, Paulus Widiantoro, mengatakan proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat Jateng memang sudah selesai dilakukan. Kendati demikian, hasil rekapitulasi itu akan resmi disahkan setelah dibacakan pada Sabtu malam.

“Nanti kita akan bacakan seluruhnya ada 10 dapil DPR pusat, 13 dapil DPRD Jateng, 1 dapil PPWP [pemilihan presiden dan wakil presiden], serta 1 dapil DPD,” ujar Paulus.

Paulus menyebutkan meski telah menyelesaikan proses rekapitulasi tapi tak dipungkiri banyak koreksi yang didapat KPU Jateng. Koreksi itu terkait banyaknya kendala administrasi yang terjadi baik di tingkat KPU kabupaten/kota hingga TPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement