Petugas KPPS Ditusuk di Hari Pencoblosan Gara-Gara Dituduh Sembunyikan Kunci Kotak Suara

Ilustrasi kekerasan fisik. - JIBI
17 April 2019 16:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MUSIRAWAS- Aksi kekerasan terjadi saat hari H pencoblosan di Sumatra Selatan.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Sumatra Selatan ditusuk karena dituduh menyembunyikan kunci gembok kotak suara. Korban pun dibawa ke rumah sakit karena terluka parah.

Yang ditusuk itu adalah Ketua KPPS Rio Habibi. Kejadian itu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Keluran Selangit Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Rio Habibi terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai terlibat selisih paham dengan anggota Linmas TPS, bernama Feb.

Insiden ini dipicu lantaran korban dituduh pelaku menyembunyikan kunci kotak suara yang ada digunakan di TPS tersebut. Kapolda Sumatra Selatan Irjen Polisi Zulkarnain Adinegara menyebut peristiwa tersebut bermula saat korban menginstruksikan kepada pelaku untuk mencari kunci kotak suara yang akan diletakkan di TPS.

Setelah dicari ternyata hanya ada dua kunci yang ditemukan dari total tiga kunci. Karena gusar, pelaku pun bertanya kepada korban mengenai keberadaan kunci lainnya.

"Korban mengalami luka tusuk di bagian dadanya. Saat ini sudah mendapatkan perawatan medis," tegas Zulkarnain di sela sela pemantauan TPS di Palembang, Rabu (17/04/2019).

Usai melakukan tindakan tersebut pelaku pun kabur meninggalkan lokasi TPS. Meski terjadi insiden, ia memastikan jika aktivitas pencoblosan di lokasi tetap berjalan sesuai jadwal.

"Kita minta masyarakat disana tetap tenang. Anggota kita juga sudah kita tempatkan disana untuk berjaga di sekitar TPS. Saat ini masih dilakukan pencoblosan. Sedangkan pelaku sudah dalam pengejaran kita," tegasnya.

Sumber : Suara.com