Advertisement

Strategi Pemerintah Untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Lalu Rahadian
Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Strategi Pemerintah Untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan Energi terbarukan - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah punya strategi khusus untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) menjadi bahan baku pembangkit listrik.

Direktur Jenderal EBT Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM F.X. Sutijastoto mengatakan, strategi itu ialah dengan membangun pasar (creating market) di lokasi yang memiliki EBT potensial. Penciptaan pasar dilakukan untuk menyerap tenaga listrik dari pembangkit EBT yang akan dibangun.

Advertisement

Sutijastoto memberi contoh, salah satu bentuk penciptaan pasar yang saat ini sedang berposes bisa ditemukan di Halmahera, Maluku. Di sana, ada potensi EBT panas bumi (geothermal) yang besar.

Sejumlah sektor industri juga berencana membangun pabrik di Halmahera. Shelter, industri perikanan, dan pelabuhan menjadi sejumlah proyek yang akan dilakukan di sana.

“ini yang kita fasilitasi, membangun klaster-klaster, membuat market. Jadi kita create market itu smelter didorong, kemudian industri perikanan kita dorong. Lah karena creating market ini lah yang kemudian kita dorong panas bumi berkembang,” ujar Sutijastoto kepada Bisnis, Jumat (22/3/2019).

Pengembangan EBT agar menjadi salah satu pemasok utama pembangkit listrik di Indonesia harus giat dilakukan, demi mencapai target bauran energi sebesar 23% pada 2025 mendatang.

Saat ini, bauran energi pembangkit listrik dari EBT baru mencapai 12,4%. Sepanjang 2017-2018, ada 74 kontrak pembangkit listrik EBT yang sudah diteken oleh PT. PLN (Persero).

Dari 74 kontrak yang ada, 5 pembangkit listrik sudah beroperasi. Kemudian, 30 pembangkit sedang dalam tahap konstruksi dan 39 lainnya masih dalam tahap persiapan pendanaan (financial close).

“Yang kami upayakan ya itu, kita tidak hanya menjadi market [pembangkit EBT] tetapi juga membangun industri. Insya Allah bisa tercapai sesuai target 2025,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement