Advertisement

Lewat Tol Trans Jawa, Ongkos Truk Lebih Irit dan Suku Cadang Awet

Yudi Supriyanto
Selasa, 19 Februari 2019 - 20:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lewat Tol Trans Jawa, Ongkos Truk Lebih Irit dan Suku Cadang Awet Kendaraan melintasi ruas jalan tol, usai peresmian pengoperasian tiga ruas jalan tol Trans Jawa di Jembatan Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG--Angkutan barang truk dengan dimensi dan muatan berlebih dapat berkurang ketika para pengusaha truk menggunakan jalan tol Trans Jawa karena utilisasi truk akan membaik. Hal tersebut disampaikan oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah Bambang Widjanarko, mengungkapkan besaran jumlah truk dengan muatan dan dimensi berlebih yang dapat berkurang akan sejalan dengan jumlah truk yang menggunakan tol Trans Jawa.

Advertisement

“Truk ODOL [Over Dimensi dan Over Load ] juga akan berkurang dengan sendirinya, seiring semakin membaiknya utilisasi truk,” kata Bambang kepada Bisnis, Selasa (19/2/2019).

Dia menjelaskan, para pengusaha angkutan barang truk memiliki rumus pendapatan dalam berusaha, yakni ongkos dikalikan dengan ritase atau jumlah perjalanan.

Oleh karena itu, pengusaha truk masih bisa menjalankan usahanya ketika ongkos atau biaya dari konsumen baik meskipun ritase buruk atau biaya dari konsumen buruk tapi memiliki ritase yang bagus.

“Jika ongkos buruk, ritase buruk, maka overdimension dan overload menjadi pilihan terbaik di antara ketidakberdayaan. Kalau ongkos bagus, ritase bagus, ya usaha truknya akan cepat membesar dan jaya raya,” katanya.

Dia menambahkan, penggunaan jalan tol Trans Jawa akan membuat para pengusaha truk lebih irit belanja suku cadang dan ban selain memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan menggunakan jalan arteri.

Menurutnya, ban akan lebih awet ketika menggunakan jalan tol Trans Jawa mengingat musuh utama dari ban adalah benturan lubang di jalan.

Tidak hanya itu, ban juga akan lebih awet ketika jarang dipaksa untuk berulang kali melakukan stop and go.

“Jika truk meluncur konstan di permukaan jalan halus dan jarang melakukan stop and go, selain lebih mengirit pemakaian bahan bakan, mur dan baut pun akan lebih kencang dan tidak cepat kendur, sehingga otomatis baik rangka maupun bodi truk akan menjadi lebih awet,” katanya.

Dia menambahkan, semua komponen karet, bantalan, bahkan sampai ke lampu-lampu pun akan jauh lebih awet karena lebih sedikit tergoncang dibandingkan dengan melewati jalan arteri.

Oleh karena itu, dia menilai, anggapan tarif jalan tol Trans Jawa yang terlalu mahal lama-lama bisa terkikis dengan sendirinya jika pengusaha truk benar-benar mau berhitung secara detail segala aspek untung dan ruginya ketika menggunakan jalan tol dibandingkan jalan arteri.

Terkait kekurangan seperti belum ada montir, bengkel dan toko suku cadang dan ban di tol Trans jawa, dia mengusulkan pengelola jalan tol proaktif menawarkan berbagai kerja sama saling menguntungkan dengan agen pemegang merek (APM) atau penjual ban agar tertarik membuka lapak.

Dia menambahkan, kehadiran jalan tol Trans Jawa yang dibangun pemerintah tepat pada waktunya karena saat ini jalan arteri yang ada sudah tidak cukup lagi untuk mewadahi pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement