Advertisement

PENELITIAN MAHASISWA : Ini Manfaat Limbah Tebu untuk Pembuatan Beton

Mediani Dyah Natalia
Sabtu, 16 Mei 2015 - 23:15 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENELITIAN MAHASISWA : Ini Manfaat Limbah Tebu untuk Pembuatan Beton Petani memanen tebu (Paulus Tandi Bone/JIBI - Bisnis)

Advertisement

Penelitian mahasiswa UMY berupa pemanfaatan limbah tebu untuk pembuatan beton.

Harianjogja.com, BANTUL-Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memanfaatkan limbah tebu sebagai bahan pembuatan beton.

Advertisement

Adapun mahasiswa tersebut merupakan Hernawan Fajar, Aditya Wibawa Mukti dan Alfi Arifai. Ketiganya merupakan mahasiswa Teknik Sipil UMY. Berkat inovasi ini, ketiganya menjadi pemenang dalam ajang Concrete Competition D’Village 5th Edition yang diselenggarakan pada 24-26 April 2015 di Institut Teknologi Surabaya (ITS).

“Ide memanfaatkan limbah tebu ini sebenarnya kita dapat dari mas Aditya, yang waktu itu membaca tiga jurnal, dalam jurnal tersebut menyarankan ketiga limbah ini untuk digabung karena nantinya akan menghasilkan beton yang baik, akhirnya dari si?tulah kami membuat beton dari limbah tebu. Pemanfaatan limbah ini juga didukung dengan tema yang ada, yaitu memanfaatkan limbah lokal, “ jelas Hernawan Fajar seperti rilis yang Harianjogja.com, terima akhir pekan lalu.

Fajar menambahkan limbah tebu yang digunakan ada tiga macam, pertama, satu beton ditambahkan dengan abu ampas tebu. Kedua, satu beton ditambahkan abu ampas tebu teraketel, dan ketiga, satu beton ditambahkan dengan molase atau cairan gula yang sudah dikristalkan berulang-ulang yang tidak bisa digunakan lagi.

"Dari ketiga campuran limbah tersebut akhirnya kita jadikan satu dan dicampurkan dengan beton, “ tambahnya.

Dalam pembuatan beton ini ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, yaitu kekuatan dan juga ketepatan.

“Untuk total pembuatan beton ini kami hanya diberi waktu 30 hari, untuk pembuatan beton ini kami hanya membutuhkan waktu satu hari saja untuk membuat adonannya. Waktu pengujian kita lakukan pada hari ke-14 yang kita uji di laboratorium UMY dan hari ke-28 kita lakukan pengujian di ITSnya, “ jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement