Advertisement

Untuk Bertahan Hidup, Korban Penembakan di Papua Pura-Pura Mati

Muhammad Ridwan
Rabu, 05 Desember 2018 - 13:27 WIB
Kusnul Isti Qomah
Untuk Bertahan Hidup, Korban Penembakan di Papua Pura-Pura Mati Keluarga korban penembakan menunggu kabar di Wamena, Papua, Selasa (4/12/2018). - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebanyak empat orang sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua berhasil selamat dan salah satu di antaranya yang berinisial JA mengungkapkan kisahnya agar bisa selamat.

Pada Minggu (2/12/2018) seluruh pekerja dibawa oleh KKB menuju bukit Puncak Kabo, di tengah jalan, sebagian pekerja ditembaki secara oleh KKB dan ditinggal pergi melanjutkan perjalan ke bukit Puncak Kabo.

Advertisement

Sebagian pekerja langsung tewas dan di tempat, dan 11 orang di antaranya terkapar di tanah berpura-pura mati dan setelahnya berusaha bangkit melarikan diri. Nahas, 5 orang bernasib malang, mereka terlihat oleh KKB yang langsung mengejar dan langsung mengeksekusi.

“Enam orang berhasil melarikan diri ke arah Mbuah, 2 orang di antaranya belum ditemukan, sedangkan 4 orang selamat setelah diamankan oleh anggota TNI di Pos Yonif 755/Yalet di Mbua,” ujar Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi menceritakan kesaksian korban dalam keterangan resmi yang dihimpun, Rabu (5/12/2018).

Aidi menambahkan, menurut keterangan JA, jumlah korban yang dipastikan meninggal dunia dibantai oleh KKB di lereng bukit Puncak Kabo adalah 19 orang. Sementara itu, pada Selasa (4/12/2018), pukul 07.00 WIT, satgas gabungan TNI-Polri berhasil menduduki Mbua dan melaksanakan penyelamatan serta evakuasi korban setelah sebelumnya melakukan baku tembak dengan KKB yang harus membuat salah satu petugas gugur.

“Serangan diawali dengan pelemparan batu ke arah pos, sehingga salah seorang anggota yonif 755/Yalet atas nama Serda Handoko membuka jendela sehingga tertembak dan gugur,” tutur Aidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement