Kemenlu : Rizieq Shihab Dilaporkan Warga Arab Saudi ke Polisi Lantaran Atribut Mirip Bendera ISIS

Habib Rizieq Shihab. - Suara.com
07 November 2018 14:05 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI membenarkan pentolan FPI, Rizieq Shihab diperiksa Kepolisian Arab Saudi sampai malam hari. Pemeriksaan itu dilakukan, Selasa (6/11/2018) kemarin.

Kementerian Luar Negeri RI mengonfirmasi pemeriksaan Rizieq Shihab oleh aparat keamanan Arab Saudi terkait dengan pengaduan sejumlah pihak pada 5 November 2018. Konfirmasi tersebut diperoleh setelah Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Jeddah melakukan penelusuran.

Dalam keterangan resmi Kemlu dijelaskan bahwa Rizieq sempat dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekah atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah Rizieq Shihab di Mekah.

Menindaklanjuti konfirmasi ini, Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada Rizieq sebagaimana yang diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri. Pendampingan tersebut diberikan dengan tetap menghormati hukum dan aturan setempat.

Informasi terakhir yang diterima menyebut bahwa Rizieq telah diizinkan kembali ke rumahnya di Mekah, Selasa (6/11/2018) sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Sumber : Antara