Advertisement

Serangan Bom Mobil Terjadi di Filipina Selatan, 6 Orang Tewas

Newswire
Selasa, 31 Juli 2018 - 11:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Serangan Bom Mobil Terjadi di Filipina Selatan, 6 Orang Tewas Ilustrasi bom, - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MANILA-Bom mobil dengan kekuatan besar yang diduga dipasang di satu kendaraan meledak di Pulau Basilan, Filipina Selatan, Selasa (31/7/2018). Kejadian itu menewaskan enam orang -termasuk seorang tentara dan empat anggota milisi.

Satu laporan militer mengatakan serangan tersebut terjadi pada pukul 05.50 waktu setempat di satu desa di Kota Lamitan, Basilan, provinsi pulau di lepas pantai Mindanao.

Advertisement

Laporan mengenai ledakan itu mengatakan "satu mobil berwarna putih" meledak di satu pos pemeriksaan militer di Desa Colonia di Kota Lamitan.

"Saat tentara melakukan pemeriksaan, van tersebut tiba-tiba meledak sehingga menewaskan seorang prajurit dan empat [anggota milisi] serta melukai dua anggota militer lagi," kata laporan itu.

Militer menyatakan gerilyawan Abu Sayyaf diduga berada di belakang serangan tersebut.

Kelompok Abu Sayyaf adalah kelompok kecil yang melakukan kekerasan yang beroperasi di pinggir barat Pulau Mindanao di Filipina Selatan serta di Kepulauan Sulu --yang membentang dari Mindanao. Mereka memiliki nama buruk karena melakukan pemboman di Filipina Selatan.

Kelompok itu telah berjanji setia kepada IS dan telah melakukan penculikan untuk minta tebusan baik orang Filipina maupun warga negara asing.

Pemerintah menyatakan kelompok tersebut, yang didirikan pada 1990-an, diduga menawan sejumlah sandera --yang mereka tawan di hutan Basilan dan Sulu, kubu mereka.

Abu Sayyaf membantu gerilyawan Maute dalam menyerang Kota Marawi pada Mei tahun lalu, sehingga menyulut pertempuran sengit selama lima-bulan sehingga menewaskan lebih dari 1.200 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement