Advertisement

Jemaah Haji Tersesat di Tanah Suci Bukan karena Dosa Lama, Ini Penjelasan Konsultan

Newswire
Jum'at, 27 Juli 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
 Jemaah Haji Tersesat di Tanah Suci Bukan karena Dosa Lama, Ini Penjelasan Konsultan Ilustrasi ibadah haji dan umrah. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MAKKAH- Masyarakat diminta tidak menghakimi jemaah haji yang tersesat saat di Tanah Suci, sebagai akibat dari dosa lama di Tanah Air.

Konsultan Pembimbing Ibadah Profesor Aswadi mengatakan jemaah haji tersesat dan atau terpisah dari rombongan di Tanah Suci bukan karena dosa masa lalunya di Tanah Air melainkan umum terjadi pada orang yang masuk wilayah baru.

"Bisa jadi itu terjadi bagi orang yang masuk wilayah baru yang tidak kenal kanan kiri," kata Aswadi kepada Media Center Haji di Makkah, Jumat (27/7/2018).

Untuk itu, Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya itu mengajak masyarakat umum berhenti menghakimi jemaah yang mengalami disorientasi tempat dan waktu di Tanah Suci. Hal itu bisa terjadi karena jemaah memang tidak tahu arah jalan pulang dan bingung.

Dia mengatakan dari pengalaman musim haji sebelumnya memang banyak jemaah yang tersesat kemudian dihubung-hubungkan dengan perilakunya pada masa lalu di Tanah Air sehingga merasa salah sendiri dan "bengong".

Sebaiknya, kata dia, jemaah yang tersesat mengarahkan peristiwa tersesat menjadi pemikiran positif yaitu ke Tanah Suci untuk menjadi orang yang lebih baik. Tuhan selalu memberi cobaan kepada hamba-Nya sesuai kemampuannya sesuai janji Allah.

Dia mengatakan jamaah yang tersesat atau terpisah dari rombongan dalam beberapa kasus terjadi karena jamaah terharu melebihi kebiasaan saat di Tanah Suci.

"Pada saat jumrah Aqobah misalnya, karena terharu dengan perilaku yang mereka lakukan jadi di luar konsentrasinya melebihi kebiasaan, jamaah jadi lupa dari teman-temannya, mereka menangis dan tidak tahu balik dan ditemukan oleh petugas dan diajak ke kantor daker, menangis dan sebagainya," kata dia.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement