Advertisement

Penerbangan Langsung ke London Layak Ditutup

M. Nurhadi Pratomo
Minggu, 22 April 2018 - 13:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Penerbangan Langsung ke London Layak Ditutup Menteri BUMN Rini Soemarno saat Joget bareng karyawan Kementerian BUMN. - JIBI/Riendy Astria

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA—Kementerian Badan Usaha Milik Negara meminta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mempertimbangkan penutupan rute penerbangan Jakarta menuju London karena dinilai kurang menguntungkan.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menyebut pihaknya telah meminta kepada Garuda Indonesia untuk meninjau penerbangan langsung Jakarta-London. Pasalnya, rute tersebut dinilai kurang memberikan keuntungan bagi perseroan.

Advertisement

“Indonesia London dipertimbangkan untuk ditutup. Ibu Menteri [BUMN] monta untuk ditinjau ke London,” ujarnya di Jakarta, Minggu (21/4/2018).

Gatot menjelaskan alasan pembukaan rute Jakarta-London sebelumnya menyasar penumpang yang terbang dari Inggris menuju ke Australia yang diperkirakan mencapai 350.000 orang per tahun. Akan tetapi, maskapai lain akan membuka penerbangan langsung dari London menuju Perth, Australia, pada Juli 2018.

“Ini akan berpengaruh terhadap Garuda Indonesia. Tahun lalu, jumlah penumpang kami hanya 35.000 atau 10% [dari potensi] rute Jakarta-London,” ujarnya.

Sebagai gantinya, dia meminta emiten berkode saham GIAA itu untuk fokus ke rute di dalam negeri. Menurutnya, saat ini terdapat potensi untuk penerbangan ke Wilayah Timur Indonesia.

Pihaknya menyebut manajemen juga telah mempersiapkan pembukaan rute internasional baru yakni Istanbul, Turki. Selain itu, GIAA juga dianjurkan untuk lebih fokus menggarap pasar penumpang Umroh dan Haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement