Advertisement

Jangan Takut Makan Ikan Kaleng Lagi

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Sabtu, 07 April 2018 - 10:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Jangan Takut Makan Ikan Kaleng Lagi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia (APIKI) meminta masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan cacing parasit dalam ikan makarel kaleng dan tidak takut mengonsumsi makanan produksi ikan kaleng.

Ketua Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia (APIKI) Adi Surya mengatakan industri pengalengan Indonesia, adalah satu-satunya industri pengalengan ikan yang menerapkan keamanan mutu dan keamanan pangan standar kelas dunia yang telah mengantongi sertifikat GMP, HACCP dan ISO serta standar nasional Halal MUI dan MD BPOM.

Advertisement

"Produk olahan perikanan, dalam bentuk ikan kaleng yang diwajibkan ber-SNI [Standar Nasional Indonesia]," ungkap Adi di Aula Gedung C, BPOM, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Cacing yang ditemukan dalam 27 produk Ikan makarel yang dikatakan terkontaminasi, menurut Adi, dalam standar SNI tidak pada bagian hasad artinya bagian yang menjadi persyaratan karena dia sudah diolah dalam keadaan mati.

"Jadi, cacing laut ini berbahaya sangat signifikan kalau dia dikonsumsi dalam keadaan hidup atau dalam pengolahan yang tidak baik. Tapi kami [kan] sudah menerapkan pengolahan makanan ikan secara baik, dan berstandar internasional," jelasnya lebih lanjut.

Dijelaskan Adi, melalui proses pengalengan saja cacing sudah dua kali dimatikan. Yaitu dalam proses pembekuan lalu saat pemanasan, sehingga cacing tersebut sudah mati dan aman untuk dikonsumsi. "Bakteri saja mati. Apalagi cacing," tukasnya.

Kepala BPOM RI Penny K Lukito menyebutkan masyarakat tidak perlu takut untuk mengonsumsi ikan kalengan. "Jadi mengenai 27 produk ikan kaleng yang bahan bakunya makarel, bukan sarden ya, kami bisa mengatakan sudah dalam kendali pemerintah, dengan sama-sama berkoordinasi terkait terutama pelaku usaha, kami sudah menyatakan semua produk yang di luar bets yang kami deteksi terkontaminasi cacing, di luar itu adalah aman untuk di konsumsi," kata Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito di aula utama gedung c BPOM RI, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement