Advertisement

Tiga Kali Kalah Pilpres, Begini Perjalanan Prabowo hingga Jadi Presiden ke-8 Indonesia

Newswire
Minggu, 20 Oktober 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Tiga Kali Kalah Pilpres, Begini Perjalanan Prabowo hingga Jadi Presiden ke-8 Indonesia Presiden Prabowo Subianto (kanan) dengan disaksikan Presiden ketujuh RI Joko Widodo (kiri) mengucapkan sumpah jabatan dalam sidang paripurna MPR dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Antara - Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Prabowo Subianto hari ini resmi dilantik menjadi Presiden ke-8 Indonesia. Perjalanan yang ditempuh hingga memimpin Indonesia cukup panjang. Sebelumnya ia telah teiga kali kalah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres).

Pilpres pertama Prabowo yaitu pada 2009. Prabowo yang saat itu menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri, kalah melawan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Dia mendapat 26,79% suara, kalah dari SBY yang mendapatkan 60,80% suara.

Advertisement

Kekalahan keduanya yaitu saat Prabowo mencalonkan diri sebagai Presiden yang berpasangan dengan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Namun, Prabowo akhirnya kalah melawan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla. Dia mendapatkan 46,85% suara, sementara pasangan Jokowi-Jusuf Kalla menang dengan 53,15% suara.

Kemudian, kekalahan ketiganya dalam Pilpres 2019. Prabowo didampingi Sandiaga Uno sebagai Cawapresnya, Prabowo bertanding dengan lawan yang sama untuk kedua kalinya, yakni Jokowi yang pada saat itu berpasangan dengan Ma'ruf Amin. Saat itu, Prabowo harus menelan kekalahan kembali dengan mendapat 44,50% suara, sedangkan Jokowi-Ma'ruf meraih 55,50% suara.

BACA JUGA: Pelabuhan Gesing Segera Diresmikan, Jadi Harapan Baru Perikanan Gunungkidul

Adapun dalam Pilpres 2024, Prabowo akhirnya mencapai kemenangan yang didampingi Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres, dengan mendapatkan suara terbanyak dengan meraih 96,2 juta suara atau 58,6% suara.

Prabowo yang saat ini sedang berbahagia dengan kemenangannya sebagai Presiden RI menyatakan dalam pidato perdananya usai dilantik, dengan mengatakan bahwa bertandinglah dengan semangat, sesudah bertanding mari berhimpun kembali.

“Presiden Joko Widodo mengalahkan saya, berapa kali ya saya lupa, tapi begitu beliau menang beliau mengajak saya bersatu, dan saya menerima ajakan itu sekarang saya yang menang, dan saya mengajak semua pihak ayo Bersatu,” katanya, saat pidato di Gedung MPR DPR RI, pada Minggu (20/10/2024).

Untuk diketahui, Prabowo Subianto secara resmi telah dilantik menjadi Presiden ke-8 RI di Gedung MPR DPR RI, pada hari ini, Minggu (20/10/2024). Prabowo Subianto sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI di bawah kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Perhatikan Jadwal Baru KRL Solo Jogja Pekan Ini, 21-27 Oktober 2024, dari Stasiun Palur hingga Tugu Jogja

Jogja
| Senin, 21 Oktober 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement