Advertisement

Ribuan Pelari Jelajahi Rute Lereng Merapi

Newswire
Minggu, 29 September 2024 - 12:37 WIB
Sunartono
Ribuan Pelari Jelajahi Rute Lereng Merapi Foto ilustrasi kegiatan lari di kawasan desa wisata. - Istimewa..

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan pelari menjelajah rute di lereng Merapi dalam event lari Dewi Mlayu Ndeso, Minggu (29/9/2024). Para peserta menelusuri rute sepanjang 6 kilometer dengan start dan finish di Bumi Perkemahan Agrowisata Bhumi Merapi.

Para peserta bisa menikmati rute di sepanjang lereng Merapi dengan suasana dan pemandangan alam pedesaan. Tak sekadar lari, para peserta juga menikmati swafoto dengan view kawasan lereng Merapi.

Advertisement

BACA JUGA : Event Lari dan Bersepeda di Jogja selama Agustus 2024, Cek di Sini

Warga setempat sangat antusias dengan event lari, water station yang disediakan pun didominasi oleh minuman khas lokal. Menariknya, peserta tidak hanya bisa mengejar catatan waktu terbaik namun juga dapat menikmati suasana sepanjang rute.

Peserta juga melewati desa wisata Pentingsari dan mendapatkan sambutan meriah dari warga setempat. Kegiatan lari itu diharapkan dapat meningkatkan pengembangan desa wisata.

"Kami turut mengangkat desa wisata di DIY dengan mengajak komunitas lari, komunitas pengelola desa wisata serta masyarakat penghobi lari untuk datang menikmati suasana alam pedesaan," kata penyelenggara sekaligus Dirut MSA Y Triagung Pujiantoro.

Rute sengaja mengambil area desa wisata dengan harapan bisa terus berkembang. Karena desa wisata menjadi salah satu ujung tombak ekonomi masyarakat dalam bidang pariwisata. Selain itu, kegiatan tersebut juga mengandeng UMKM desa setempat.

"Ini untuk memaksimalkan kegiatan ekonomi yang dilakukan. Kami kolaborasi dengan peternak kambing dan membudidayakan pada masyarakat, juga beragam upaya lainnya," katanya.

BACA JUGA : Gunungkidul Heritage Run 2024 Bakal Digelar di Gunung Api Purba Nglanggeran, Catat Tanggalnya!

Ketua DPD Perbarindo DIY, Wulfram Margono mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sektor ini bisa hadir mengisi kebutuhan masyarakat lewat berbagai platform dan komunitas. Apalagi event lari saat ini menjadi tren olaharaga bersama.

"Ini menarik dan banyak peminatnya saat ini karena tentu segmentasi masyarakat yang dijangkau semakin luas. Tentu kami mengapresiasi ini ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Rejowinangun Kotagede Jadi Rujukan Studi Tiru Daerah Lain

Jogja
| Senin, 30 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement