Advertisement

Sambangi Pemulung di TPST Bantargebang, Gus Ipul Serahkan Bantuan Atensi

Newswire
Senin, 30 September 2024 - 08:37 WIB
Ujang Hasanudin
Sambangi Pemulung di TPST Bantargebang, Gus Ipul Serahkan Bantuan Atensi Menteri Sosial Saifullah Yusuf (kanan) saat berdialog dengan perwakilan pemulung di TPST Bantargebang Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/9/2024). (ANTARA - Andi Firdaus)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengunjungi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/9/2024). Dalam kunjungan tersebut Gus Ipul menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada masyarakat rentan di sekitar area TPST.

"Hati ini kami datang untuk memberikan dukungan agar bapak ibu sekalian bisa hidup sejahtera, paling tidak kebutuhan dasar kesehatan hingga pendidikan," kata Saifullah Yusuf saat berdialog dengan para pemulung di TPST Bantargebang.

Advertisement

Dalam dialog itu Mensos, yang karib disapa Gus Ipul, merangkum sejumlah aspirasi pemulung, salah satunya berkaitan dengan kebutuhan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami ada kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mengakomodir mereka yang rentan dengan penerima bantuan iuran untuk BPJS Kesehatan dan yang ketenagakerjaan sedang berproses," katanya.

BACA JUGA: Pemulung Punya Peran Penting dalam Rantai Ekonomi Persampahan

Seremoni penyerahan bantuan asistensi rehabilitasi sosial berlangsung di halaman kantor Kelurahan Sumur Batu dan SDN Sumur Batu II.

Mensos secara simbolis menyerahkan bantuan perwakilan Pemkot Bekasi yakni Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi Alexander Zulkarnaen.

Total bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) mencapai Rp650.050.643.833, mencakup berbagai jenis bantuan untuk mendukung masyarakat.

Bantuan tersebut terdiri atas 2.055 paket Alat Pelindung Diri (APD) bagi pemulung, 389 paket sembako dan nutrisi, 44 alat bantu disabilitas, serta 14 paket kewirausahaan.

Selain itu 49 paket perlengkapan olahraga dan edukasi juga diserahkan, serta bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 135.241 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Program Sembako untuk 58.051 KPM.

Mensos juga meninjau kegiatan pemeriksaan kesehatan, berinteraksi dengan para penerima bantuan, serta mengawasi kampanye sosial pencegahan perundungan dan kekerasan di SDN Sumur Batu II.

Mensos berharap bantuan tersebut dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi masyarakat sekitar, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pengawasan Kampanye Pilkada, Bawaslu Kulonprogo Intensifkan Pengawasan

Jogja
| Senin, 30 September 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement