Advertisement

Presiden Terpilih Prabowo Berjanji Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Bayu Jatmiko Adi
Minggu, 25 Agustus 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Presiden Terpilih Prabowo Berjanji Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers seusai mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024). - Antara Foto - Aprillio Akbar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji Indonesia akan menjadi net exporter pangan untuk dunia dalam lima tahun mendatang, menjadi lumbung pangan dunia.

Menurut pria yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Indonesia harus bersyukur di tengah gejolak geopolitik dan rivalitas adidaya yang diperkirakan akan mengerek harga BBM dunia.

Advertisement

Selain itu, lanjut Prabowo, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga meramalkan dunia akan mengalami kelaparan.

“Ternyata kita bersyukur, kita hitung, tim saya berhitung dalam lima tahun akan datang, kita akan tidak hanya swasembada pangan, kita akan jadi net exporter pangan untuk dunia, kita akan jadi lumbung pangan dunia,” kata Prabowo dalam Kongres PAN, Sabtu (24/8/2024), dikutip pada Minggu (25/8/2024).

BACA JUGA: DPP PDIP Dikabarkan Mencalonkan Wawan-Danang, Ini Respons Danang Rudiyatmoko

Selain swasembada pangan, Prabowo juga menyebut bahwa tak lama lagi Indonesia tidak perlu melakukan impor solar. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi swasembada energi.

Nantinya, keberadaan energi atau solar akan berasal dari kelapa sawit bernama biodiesel, yang kini sudah menjadi B35. Ke depan, Prabowo berjanji akan mempercepat diesel menjadi B50 yang akan menghemat pengeluaran hingga US$20 miliar atau sekitar Rp300 triliun per tahun.

“Dengan kita mencapai B50, biodiesel 50% dari kelapa sawit, begitu kita mencapai B50, yang Insyaallah akhir tahun ini atau awal tahun depan, kita akan menghemat US$20 miliar satu tahun, uang kita tidak perlu kita kirim ke luar negeri lagi. Rp300 triliun lebih akan beredar di Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Memasuki Musim Kemarau, Petani Bantul Mulai Panen Jagung dan Kacang Tanah

Bantul
| Jum'at, 13 September 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement