Advertisement

Penyelundupan TKI Ilegal dari Bandara Soekarno Hatta Digagalkan Petugas

Newswire
Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:47 WIB
Sunartono
Penyelundupan TKI Ilegal dari Bandara Soekarno Hatta Digagalkan Petugas Foto ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten berhasil mencegah penyelundupn calon pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI ilegal yang akan berangkat ke Kamboja.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI Firman Yulianto menyampaikan pencegahan upaya penempatan non-prosedural itu berhasil dilakukan pada Jumat (26/7/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Hentikan Penambangan Ilegal Di Gedangsari Gunungkidul, Polda DIY Sita Dua Ekskavator dan Lima Truk

"Kami menerima informasi terkait pemberangkatan tiga orang calon pekerja migran yang akan diberangkatkan ke Kamboja melalui Bangkok," ujar Firman.

Kepala BP2MI langsung memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan koordinasi dengan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta sehingga keberangkatan tiga calon tenaga kerja Indonesia tersebut dapat dicegah. "Setelah Imigrasi menerima informasi dari BP2MI kemudian dilakukan pemantauan dan pencegahan calon pekerja migran tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan dua dari calon PMI berinisial RR dan IR berhasil dicegah keberangkatannya di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta. RT dan IR hendak terbang ke Kamboja melalui Bangkok. Namun, satu orang calon PMI berinisial WKS tidak terindentifikasi karena tidak melintas di Imigrasi keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

BACA JUGA : Penambangan Ilegal di DIY 32 Titik, Pemda DIY Segera Terapkan Aturan Baru Lebih Ketat

"BP2MI terus menerus melakukan pencegahan penempatan pekerja migran Indonesia yang tidak dilakukan secara prosedural. Terlebih Kamboja bukanlah negara penempatan pekerja migran Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Orang Ikuti Event Lari Demi Bantu Penyintas Kanker

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement