Advertisement

Rentetan Gempa di Batang Kembali Terjadi Siang Ini, BMKG Catat 6 Kali Gempa Susulan Sejak 7 Juli

Abdul Hamied Razak
Senin, 15 Juli 2024 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Rentetan Gempa di Batang Kembali Terjadi Siang Ini, BMKG Catat 6 Kali Gempa Susulan Sejak 7 Juli Wilayah Batang, Jawa Tengah sekitarnya masih diguncang gempabumi tektonik, Senin (15/7 - 2024) pukul 13.39 WIB.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Wilayah Batang, Jawa Tengah sekitarnya masih diguncang gempabumi tektonik, Senin (15/7/2024) pukul 13.39 WIB.

Gempa bumi siang ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi di Batang dengan M4,4 yang terjadi pada Minggu, 7 Juli 2024 pukul 14.35.24 WIB lalu.

Advertisement

Kepala Stageof Sleman BMKG Jogja Setyoajie Prayoedhie menjelaskan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi di Batang Jateng ini memiliki parameter dengan magnitudo M2,6.

"Episenter gempa bumi di Batang terletak pada koordinat 6.99° LS; 109.78° BT tepatnya di darat pada jarak 10 km arah Tenggara Batang, dengan kedalaman 12 Km," tulisnya.

Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Setyoajie, gempa bumi di Batang yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Guncangan gempa bumi di Batang ini dirasakan di daerah Batang II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," katanya.

"Gempa di Batang hari ini rangkaian gempa bumi Batang M4,4 yang terjadi pada hari Minggu tanggal 07 Juli 2024. BMKG  tercatat adanya 6 kali gempa bumi susulan (aftershock) di Batang," paparnya.

Dia menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," katanya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa (di Batang), ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement