Advertisement

Layanan Perizinan Online Dijamin Kapolri Bebas dari Serangan Siber

Newswire
Senin, 24 Juni 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Layanan Perizinan Online Dijamin Kapolri Bebas dari Serangan Siber Foto ilustrasi pelaku UMKM mengakses layanan OSS. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sistem keamanan OSS (Online Single Submission) yang menjadi pintu untuk digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan acara dipastikan bebas dari potensi serangan. Hal ini diungkapkan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

"Tentunya kami mengikuti setiap perkembangan. Untuk potensi munculnya serangan pada beberapa sistem keamanan, kami akan lakukan beberapa cara, salah satunya adalah sistem keamanan harus menggapai tier tertentu sehingga akan lebih aman," kata Kapolri ketika ditemui di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2024).

Advertisement

Jenderal Pol. Sigit juga memastikan bahwa Pemerintah akan melakukan perbaikan-perbaikan pada sistem keamanan negara untuk mencegah adanya gangguan pada keamanan data.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca DIY untuk Kulonprogo, Bantul dan Sleman, Senin 24 Juni 2024

Diketahui bahwa Polri pada Senin pagi meluncurkan secara resmi digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan acara olahraga, musik, dan lain-lain. Layanan itu diluncurkan dengan berkolaborasi bersama delapan kementerian/lembaga.

Dengan adanya layanan secara daring, penyelenggara acara akan dengan mudah mengajukan izin karena hanya perlu mengajukan dalam satu pintu. Penyelenggara acara tidak perlu lagi mengajukan perizinan secara luring.

Saat ini digitalisasi layanan penyelenggaraan acara telah diberlakukan di tujuh venue di DKI Jakarta dan Banten.

Tujuh lokasi itu adalah seluruh kawasan Gelora Bung Karno, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Convention Center (JCC), Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Community Park PIK 2.

Polri juga telah melakukan risk assessment untuk menjamin kelayakan dan keamanan di seluruh tempat tersebut.

Melalui layanan ini, Kapolri berharap industri kreatif di Indonesia bisa makin berkembang, bertumbuh, dan memberikan manfaat serta kontribusi bagi masyarakat dan pemerintah.

"Kami menyadari masih terdapat ruang untuk terus meningkatkan layanan digital ini. Oleh karena itu, kami membuka ruang sebesar-besarnya kepada pelaku industri kreatif untuk memberikan kritik dan saran sebagai bentuk komitmen kami bersama untuk terus mendukung dan membangun industri kreatif Indonesia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Selatan Gunungkidul Banyak Dilirik Investor, Pakar: Partisipasi Publik Harus Diperkuat dan Diupayakan Ramah Lingkungan

Gunungkidul
| Jum'at, 28 Juni 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement