Advertisement

Konstruksi Tol IKN Segmen 5 A Dikebut dan Ditarget Selesai sebelum 17 Agustus

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 31 Mei 2024 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Konstruksi Tol IKN Segmen 5 A Dikebut dan Ditarget Selesai sebelum 17 Agustus Proyek IKN - ist - Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) mempercepat penyelesaian konstruksi proyek tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) Segmen 5A sebelum 17 Agustus 2024 atau jelang perayaan HUT RI ke-79.

SVP Corporate Secretary WSKT, Ermy Puspa Yunita menuturkan saat ini progres konstruksi Tol IKN Segmen 5A itu telah mencapai 83,57%. Posisinya mengalami deviasi percepatan dari rencana sebelumnya. "Perseroan berkomitmen untuk menyelesaikan salah satu bagian pembangunan infrastruktur konektivitas yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan dapat digunakan untuk mobilitas penyelenggaraan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024," jelas Ermy dalam keterangan resmi, Jumat (31/5/2024).

Advertisement

Nantinya, jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara IKN dan Balikpapan hingga 45 menit dengan jarak 57 kilometer (km). Dalam pembangunannya, tim proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A melakukan pengembangan inovasi dari sisi QHSE, teknik maupun digitalisasi yang bertujuan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya tepat mutu.

Salah satu di antaranya, tim proyek melakukan inovasi dengan mengembangkan Sistem Penakar Hujan Otomatis yang mudah dibaca dan diakses via internet. Manfaatnya untuk mengukur curah hujan dengan mempertimbangkan faktor-faktor keselamatan saat melakukan pekerjaan lapangan yang dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan.

Baca Juga

Proyek Pembangunan Jalan Tol di IKN Ditarget Selesai Juli 2024

Jalan Tol Akses Menuju IKN Ditargetkan Berfungsi Juni 2024

Tol IKN Mungkin Dipasang Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik

Inovasi lainnya, tim proyek melakukan konsep intelligent compaction untuk proses pemadatan dasar tanah. Manfaat metode IC antara lain memperoleh data di seluruh luas area yang dipadatkan sesuai dengan model yang telah direncanakan melalui BIM sehingga waktu pekerjaan menjadi lebih optimal. Sebagai informasi, pemerintah memang tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dasar di IKN jelang upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahkan telah mengumumkan bahwa lokasi pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) ditutup sementara dari pengunjung dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan perayaan HUT RI ke-79. "Penutupan dilakukan untuk mendukung persiapan pelaksanaan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 RI tahun 2024," tulis Kementerian PUPR, dikutip Rabu (29/5/2024).

Adapun, lokasi pekerjaan infrastruktur IKN itu ditutup mulai 27 Mei 2024 sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut. Kendati demikian, IKN tetap dapat disambangi untuk keperluan kunjungan dinas. Hanya saja, pelaksanaannya harus melengkapi beberapa persyaratan khusus.

Syarat pertama, kunjungan instansi atau kedinasan ke IKN harus mendapatkan izin tertulis dari Ketua Tim Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN c.q. Kepala BPPW Kalimantan Timur dan Deputi Bidang Pengendalian dan Pembangunan OIKN. Kedua, kunjungan hanya dapat dilakukan pada hari Kamis atau Jumat. Ketiga, jumlah tamu maksimal hanya 10 orang. Keempat, jumlah kendaraan yang masuk juga dibatasi maksimal hanya dua unit. Kelima, pengunjung diminta senantiasa memperhatikan aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, kebersihan, dan kerapian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alhamdulillah Semua Jemaah Haji Sleman dalam Kondisi Sehat, Dijadwalkan Pulang Sabtu (6/7) Besok

Sleman
| Selasa, 02 Juli 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement