Advertisement

Ratusan Jemaah Calon Haji Sahid Tour Mengikuti Manasik Haji di Jogja

Abdul Hamied Razak
Rabu, 08 Mei 2024 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Ratusan Jemaah Calon Haji Sahid Tour Mengikuti Manasik Haji di Jogja General Manager Sahid Tour Asep Imam Sudrajat (kiri) bersama Ketua Pelaksana Manasik Haji Sahid Tour Aulia Ul Umah (kanan) saat jumpa pers pelaksanaan manasik haji, Rabu (8/5 - 2024).ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 320 rombongan jemaah calon haji dari Sahid Tour akan diberangkatkan pada 8-30 Juni 2024 ini. Sebelum berangkat, para jemaah akan mengikuti kegiatan Manasik Haji yang digelar 9-12 Mei di Jogja.

General Manager Sahid Tour Asep Imam Sudrajat mengatakan pelaksanaan manasik haji yang digelar selama empat hari tiga malam menjelang keberangkatan tersebut dinilai efektif. Diharapkan, para calon jemaah haji bisa mengingat lebih detail setiap tahapan pelaksanaan ibadah haji di Mekkah.

Advertisement

"Seluruh peserta akan diberikan materi setiap tahapan pelaksanaan ibadah haji. Termasuk materi kesehatan karena saat ini di Arab Saudi terjadi gelombang panas dan suhu tinggi sehingga kami bekali mereka materi kesehatan," katanya.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Haji DIY, Kloter 47 Berangkat 24 Mei

Dijelaskan Asep, kondisi cuaca di tanah suci pada musim haji tahun ini mengalami gelombang panas sehingga dibutuhkan kesiapan bagi para jemaah untuk menyiapkan diri. Salah satunya, dengan tetap membawa air minum agar tidak dehidrasi.

"Cuaca panas harusnya terjadi antara Juli-Agustus tetapi saat ini sudah mulai. Kami edukasi para jemaah agar bisa menjaga bisa menghadapi cuaca panas dan tetap sehat," katanya.

Sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang terdaftar secara resmi di Kementerian Agama RI, katanya, Sahid Tour wajib memberikan bekal Manasik Haji kepada calon Jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Sejak tahun 2016, Sahid Tour rutin membuat kegiatan Manasik Haji Khusus di wilayah Jateng tepatnya di Hotel Sahid Jaya Solo dan Hotel Sahid Raya Jogja yang merupakan unit usaha dari Sahid Group.

Selain bertujuan untuk mengenalkan hotel Sahid Group sebagai sister company Sahid Tour, calon Jemaah juga diharapkan bisa fokus dalam mengikuti kegiatan Manasik Haji bila dilaksanakan di satu tempat.

Direktur Sahid Tour Hari Prakoso menegaskan setiap calon jemaah haji yang terdaftar di Sahid Tour wajib mengikuti Kegiatan Manasik tanpa terkecuali. "Kegiatan ini sebagai latihan nantinya selama 24 hari Jemaah akan melaksanakan ibadah Haji bersama-sama," katanya.

Di tahun 2024 ini, kegiatan Manasik Haji dijadwalkan selama 4 hari 3 malam tanggal 09 s/d 12 Mei 2024 di Hotel Sahid Raya Yogyakarta. Setidaknya ada sekitar 320 jemaah beserta petugas pendamping yang akan mengikuti kegiatan Manasik Haji Khusus.

Selain itu, Sahid Tour juga mengundang pihak Kementerian Agama, mitra perbankan dan mitra lainnya untuk hadir dalam acara pembukaan sebagai bentuk support kepada calon Jemaah Haji 2024.

Sebagai Informasi, untuk acara manasik Haji semua akomodasi perjalanan ditanggung oleh Sahid Tour mulai dari tiket, akomodasi dan konsumsi. Hal ini merupakan bagian dari pelayanan Sahid Tour sebagai bentuk layanan prima kepada jemaah.

Ketua Pelaksana Manasik Haji Sahid Tour Aulia Ul Umah menambahkan kegiatan tahun ini mengusung tema “Empati, Peduli, Layani”. Tema ini diharapkan setiap Jemaah saling menumbuhkan rasa empati dan peduli dalam kegiatan Manasik Haji tahun 2024 sehingga setiap Jemaah merasa harus saling menjaga satu sama lain.

"Kami berharap seluruh jemaah dan petugas yang berangkat ibadah Haji diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan dan menjadi Haji yang mabrur," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Senin 20 Mei 2024

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement