Advertisement

Pemudik Tak Bisa Masuk Tol Semarang, Begini Penjelasan Polisi

Anshary Madya Sukma
Senin, 15 April 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Pemudik Tak Bisa Masuk Tol Semarang, Begini Penjelasan Polisi Jalan Tol Semarang A, B, C. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Polda Jateng menyampaikan penyebab kendaraan pemudik tidak bisa masuk ke Tol Semarang karena ada penetapan one way menuju Jakarta.

"Karena ada one way, jadi ada kebijakan dari korlantas untuk jalur menuju Jakarta itu dilakukan one way," ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, saat dihubungi Senin (15/4/2024).

Advertisement

Kemudian, Satake menyampaikan pihaknya telah menetapkan one way lokal mengurai kepadatan di wilayah Semarang. "Karena [ada] kepadatan di wilayah Semarang oleh karena itu dilakukan one way lokal untuk memperlancar arus yang ada. Oleh karena ada one way itu, beberapa tol yang masuk ke Semarang sementara ditutup," tambahnya.

Dia juga merincikan, one way lokal dilakukan di Km. 459 Salatiga-Gerbang Tol (GT) Kalikangkung untuk memperlancar arus balik Lebaran 2024.

Sebelumnya, warganet melalui akun X @PrabangkaraMhdr mengeluhkan soal situasi lalu lintas di wilayah Semarang karena tidak bisa masuk tol. "Macet total, mobil arus balik arah Semarang atau Jakarta tidak bisa masuk tol, seumur-umur baru kali ini mengalami arus balik yg harusnya One Way arah Jakarta malah gabisa masuk tol, disuruh lewat jalan biasa. Masih sehat kah?" tulisnya, Minggu (14/4/2024).

Sebagai informasi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih akan memberlakukan rekayasa lalu lintas  One way dan contraflow pada puncak arus balik Lebaran 2024, Senin.

BACA JUGA: Rekayasa One Way Tol Semarang Solo Kembali Diaktifkan

Korlantas Polri mengumumkan, pemberlakuan one way dari Km. 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan Km. 72 Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) diperpanjang hingga Senin pukul 24.00 WIB.

Sementara itu, contraflow dua lajur diberlakukan dari Km. 72 Tol Cipali sampai dengan Km. 66 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Lalu, dari Km. 66 sampai dengan Km. 47 Tol Japek akan diberlakukan contraflow tiga lajur. Selanjutnya, dari Km. 47 sampai dengan Km. 36 Tol Japek akan diberlakukan contraflow satu lajur.

Adapun, Korlantas Polri menekankan bahwa pelaksanaan contraflow dan one way bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement