Advertisement

Kabar Iran Serang Israel Picu Kenaikan Harga Minyak

Newswire
Kamis, 11 April 2024 - 20:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kabar Iran Serang Israel Picu Kenaikan Harga Minyak Ilustrasi tank perang berbendara Israel. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Harga minyak kembali naik pada perdagangan hari ini, Kamis (11/4/2024), setelah kabar Iran akan membalas serangan Israel.

Mengutip Bisnis.com pukul 20.00 WIB, kedua jenis minyak mentah kompak bergerak naik pada perdagangan sore ini. WTI crude oil naik 0,42% ke posisi US$86,57 per barel sementara Brent menanjak 0,44% ke level US$90,88 per barel.

Advertisement

Harga minyak yang berbalik naik terjadi setelah dilaporkan AS dan sekutunya percaya serangan rudal atau drone besar oleh Iran atau proksinya terhadap target militer dan pemerintah di Israel segera terjadi.

Kabar ini datang setelah Iran mengatakan mereka sedang menyiapkan respons terhadap serangan yang diduga dilakukan Israel terhadap konsulatnya di Suriah. Para pedagang telah memantau situasi ini dengan cermat, melihat eskalasi potensial sebagai katalis berikutnya untuk minyak mentah.

Analis UBS Group AG Giovanni Staunovo mengatakan pertempuran berikutnya dari minyak sekarang akan tergantung pada jenis respons dari Iran jika eskalasi potensial tersebut akan mengganggu pasokan minyak global.

Sebelumnya, WTI diperdagangkan stabil mendekati US$85 per barel karena dolar AS yang lebih kuat dan peningkatan stok AS menambah hambatan bearish terhadap reli minyak mentah baru-baru ini.

Kenaikan harga minyak mentah tahun ini juga didukung oleh pemotongan pasokan OPEC+. Investor akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang prospek pasar ketika OPEC dan International Energy Agency merilis laporan bulanan mereka minggu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement