Advertisement

Mudik Lebaran 2024 lewat Cirebon, Jangan Lupa Mampir Makan Empal Gentong Sehat

Newswire
Minggu, 07 April 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Mudik Lebaran 2024 lewat Cirebon, Jangan Lupa Mampir Makan Empal Gentong Sehat Pelayan mengantarkan pesanan Empal Gentong Sehat sebagai menu utama rumah makan di Jalan DR Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). (ANTARA - M Riezko Bima Elko Prasetyo).

Advertisement

Harianjogja.com, CIREBON—Pemudik Lebaran 2024 yang menempuh perjalanan melalui jalan tol Trans-Jawa saat melewati Cirebon, Jawa Barat, bisa membunuh lelah dengan mampir makan seraya kulineran.

Di kota udang ini, terdapat rumah makan yang menawarkan sensasi kuliner khas dengan sentuhan kesehatan. Empal Gentong Sehat Bang JT siap memanjakan lidah para pemudik dengan kelezatan tak terlupakan.

Advertisement

Terletak di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, tepat di seberang Grage mall atau 3 kilometer dari pintu gerbang tol Ciperna Utama, rumah makan ini menghadirkan menu utama empal gentong yang 100 persen bebas dari penyedap rasa vetsin (monosodium glutamate).

Berdiri sejak tahun 2007, rumah makan empal gentong ini dirintis oleh Nunung dan suaminya, seorang warga Taiwan yang kini menjadi warga Indonesia. Kegigihan mereka dalam menghadirkan kuliner khas Cirebon dengan sentuhan kesehatan patut diacungi jempol.

Semangkuk empal gentong dibanderol dengan harga Rp35.000. Rasanya yang gurih dan lezat, berpadu dengan tekstur daging yang empuk tanpa lemak, dijamin membuat para penikmat kuliner ketagihan.

Apa lagi, rumah makan ini buka selama 24 jam selama bulan Ramadan dan bahkan sampai Hari Raya Idul Fitri. Tak heran, empal gentong ini menjadi primadona para pemudik yang ingin memanjakan lidah dan perut mereka.

BACA JUGA: Ternyata Bukan Cuma Jemaah Masjid Aolia, Ini Kelompok yang Berpuasa dan Berlebaran Lebih Dulu

Tak hanya masyarakat biasa, tokoh terkenal, seperti Puan Maharani, Anis Baswedan, Roger Danuarta (artis terkemuka) pun tak mau ketinggalan mencicipi kelezatan empal ini.

Pemilik Rumah Makan Bang BJ Devi, 24, mengatakan menyantap empal ini bukan hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan asupan gizi yang seimbang karena juga kaya akan campuran rempah-rempah resep warisan orang tuanya.

Hal demikian diakuinya, karena, selain dijamin tidak menggunakan pengawet buatan, bahan makanan utama, seperti daging sapi, didapatkan langsung dari rumah pemotongan hewan ternak Jawa Barat. Begitu pun sayur-sayuran dan rempah yang digunakan dipasok dari petani daerah setempat, sehingga kesegarannya terjamin.

Dinda, 27, pemudik asal Tanggerang Banten yang hendak menuju Semarang, Jawa Tengah, mengaku mendapatkan informasi keberadaan rumah makan empal dari pencarian internet dan langsung mengunjunginya.

Karyawan BUMN itu pun mengaku sengaja mencari rumah makan di luar jalan tol demi mendapatkan pengalaman dan suasana yang berbeda untuk berbuka puasa bersama tiga anggota keluarganya.

Perempuan dengan senyuman manis itu menilai walaupun tidak menggunakan penyedap buatan, empal gentong ini tetap bercita rasa gurih dan tidak meninggalkan sensasi asam segar, sebagaimana kekhasan makan dari Cirebon. “Enak dan patut dicoba saat berkunjung ke Cirebon ya,” ujarnya, seraya bergegas berjalan meninggalkan rumah makan untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju kampung halaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA dari Stasiun Tugu Jogja, Selasa 30 April 2024

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement