Advertisement

Kemandirian Ketahanan Kesehatan Bakal Ada Aturannya, Presiden: Ditunggu Saja PP-nya

Akbar Evandio
Rabu, 03 April 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Kemandirian Ketahanan Kesehatan Bakal Ada Aturannya, Presiden: Ditunggu Saja PP-nya Presiden Joko Widodo (Jokowi) / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Kemandirian ketahanan kesehatan Indonesia, salah satunya dalam penyediaan obat-obatan akan masuk dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal ini untuk menjawab mengenai potensi kemandirian obat akan masuk ke dalam Formularium Nasional (Fornas) sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Advertisement

“Nanti dilihat di PP yang baru kelihatan semuanya. Ditunggu saja PP-nya,” ujarnya usai melakukan pelepasan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

BACA JUGA: Jalur Prambanan Rawan Macet, Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polresta Sleman

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan tengah mengkaji kebijakan untuk memperbaharui Formularium Nasional (Fornas) atau daftar obat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan pembaruan Formularium Nasional (Fornas) yang berlaku mulai 1 Maret 2023. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nomor HK.01.07/Menkes/1970/2022 tentang perubahan atas Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/Menkes/1970/2021 tentang Fornas.

Adapun, perubahan diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan hukum sesuai kajian pola penyakit yang di masyarakat. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement