Advertisement

Tiga Fakta Menarik Dibalik Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi 8 April 2024

Ni Luh Anggela
Sabtu, 09 Maret 2024 - 23:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tiga Fakta Menarik Dibalik Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi 8 April 2024 Gerhana matahari. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyampaikan akan terjadi gerhana matahari total pada 8 April 2024. Berikut sejumlah fakta menarik mengenai gerhana matahari.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan matahari. Akibatnya, langit akan menjadi gelap seperti fajar atau senja. 

Advertisement

Berikut sejumlah fakta yang perlu Anda ketahui tentang gerhana matahari:

Berdampak ke Amerika Utara

Gerhana matahari total pada 8 April mendatang hanya akan melintasi Amerika Utara, melewati Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada, alias tidak melintasi Indonesia dan wilayah Asia lainnya.

Sejumlah Wilayah

Melansir space.com, Sabtu (9/3/2024), fenomena ini hanya akan dialami oleh wilayah dalam jalur totalitas 185 kilometer melalui Amerika Utara di mana bulan akan menutupi 100% piringan matahari. Wilayah yang berada di luar jalur tersebut akan mengalami gerhana matahari sebagian, yang masih merupakan peristiwa mengesankan.

Kacamata  

Bagi Anda yang bersiap untuk melihat gerhana matahari total, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat melihat gerhana matahari dengan aman. Di antaranya, dengan menggunakan kacamata gerhana matahari.

Baca Juga

Gerhana Matahari di Jogja Berlangsung 1 Menit

Gerhana Matahari Terjadi Dua Hari Menjelang Idulfitri, Bisa Diamati dari Wilayah Ini

Ada Gerhana Matahari Hibrida Muncul Menjelang Lebaran, Bisa Dilihat dari Jogja

Kesalahan paling umum yang dilakukan saat menggunakan kacamata gerhana matahari adalah memakainya seperti kacamata biasa.  Terlepas dari desainnya, lengan karton tipis pada kacamata gerhana membuatnya rentan terjatuh. Ini bisa berbahaya jika Anda sedang melihat matahari pada saat itu. Jadi cara terbaik adalah dengan memakainya seperti kacamata tetapi saat melakukannya, jaga agar tetap menempel di sisi kepala Anda menggunakan kedua tangan.

Selain dengan kacamata gerhana matahari, Anda dapat melihat fenomena alam ini menggunakan, kamera, teleskop, dan teropong. Kendati begitu, alat-alat ini memerlukan filter matahari yang ditempatkan di depan lensanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement