Advertisement

Gara-gara Dana Politik, Jabatan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Bakal Dicopot

Nancy Junita
Sabtu, 09 Desember 2023 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Gara-gara Dana Politik, Jabatan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Bakal Dicopot Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan paparannya saat menjadi pembicara utama pada hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Galih Pradipta - aww.

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida berencana mengganti Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno di tengah laporan media bahwa dia menerima dana politik yang tidak dilaporkan.

Hal itu diungkap oleh Surat Kabar Yomiuri melaporkan pada Sabtu (9/12/2023), mengutip beberapa sumber pemerintah dan partai yang berkuasa.

Advertisement

Melansir Reuters, Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang dan pemimpinnya, Kishida, menghadapi pengawasan yang meningkat setelah adanya tuduhan bahwa anggota parlemen partai tersebut – termasuk Matsuno.

BACA JUGA: AS Veto Resolusi DK PBB Terkait Tuntutan Gencatan Senjata di Gaza dapat Kecaman Dunia

Selain Matsuno dan anggota penting lainnya diduga juga telah mengantongi lebih dari 100 juta yen (US$693.000) dari hasil penggalangan dana yang tidak dicatat.

Media lokal melaporkan bahwa jaksa Tokyo berupaya untuk mulai menyelidiki anggota parlemen setelah sidang parlemen berakhir pada hari Rabu (6/12/2023).

Matsuno diduga tidak melaporkan lebih dari 10 juta yen yang diterimanya dalam lima tahun terakhir dari faksi terbesar di LDP, demikian yang dilaporkan surat kabar Asahi dan lainnya. Matsuno menolak mengomentari tuduhan tersebut pada konferensi pers hariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jurus TPID Sleman Tekan Inflasi Akibat Kenaikan Harga Sejumlah Komoditas

Sleman
| Jum'at, 23 Februari 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement