Advertisement

TNI Kedepankan Operasi Teritorial Hadapi KKB Papua, Panglima: Hard Approach Pilihan Terakhir

Newswire
Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:07 WIB
Sunartono
TNI Kedepankan Operasi Teritorial Hadapi KKB Papua, Panglima: Hard Approach Pilihan Terakhir Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, PAPUA—Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan bahwa pihaknya mengedepankan operasi teritorial dengan intelijen dan juga menggunakan hard approach dalam menghadapi kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua.

Menurut Panglima, penggunaan hard approach itu dilakukan saat KKB menggunakan senjata sehingga harus dilawan dengan senjata dan itu merupakan tindakan terakhir yang akan digunakan. 

Advertisement

Hard approach merupakan suatu cara yang dilakukan menggunakan tindakan penyergapan, penangkapan, penyerangan yang dilakukan oleh aparat negara. "Saya dengan Kapolri sudah menerima paparan dari Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cenderawasih tentang kondisi di Tanah Papua," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjawab pertanyaan ANTARA seusai melakukan kunjungan ke Lantamal X Jayapura, Papua, Jumat.

BACA JUGA : KKB Papua Serang Puskesmas Sejumlah Korban Dilaporkan Tewas

Agus mengatakan tindakan hard approach itu merupakan langkah terakhir yang akan dilakukan karena sebetulnya TNI lebih mengedepankan soft approach, yakni melalui operasi teritorial.

"Melalui operasi teritorial diharapkan dapat mempercepat pembangunan di Tanah Papua, mengingat wilayah ini diberikan anggaran yang sangat tinggi, tetapi masih ada kesenjangan sosial di masyarakat," katanya.

Keberadaan TNI di Papua adalah untuk membantu program pemerintah yang bertujuan menyejahterakan masyarakat.

"TNI akan berkolaborasi dengan instansi lain, seperti Polri dan kementerian serta instansi lain untuk menangani hal tersebut, " kata Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Panglima TNI menambahkan pihaknya akan membantu pembangunan food estate di Manokwari, Papua Barat, yang merupakan program dari Kementerian PUPR. "Prajurit TNI akan dikerahkan untuk membantu pelaksanaan program tersebut," kata Jenderal Agus Subiyanto.

BACA JUGA : Empat Orang KKB Tewas Saat Baku Tembak dengan Tim Gabungan TNI-Polri

Panglima TNI dan Kapolri dalam kunjungan kerjanya melepas penyaluran bantuan 2.500 paket sembako untuk warga Kota Jayapura.

Polda Papua dan Kodam XVII Cenderawasih saat ini membawahi empat provinsi, yaitu Papua, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Heroik! Empat Santri Magetan Tenggelam di Pantai Parangtritis Berhasil Diselamatkan

Bantul
| Minggu, 25 Februari 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement