Advertisement

Arus Lalu Lintas Cenderung Landai, Tak Ada Diskon Tarif Tol Saat Libur Nataru

Alifian Asmaaysi
Senin, 04 Desember 2023 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Arus Lalu Lintas Cenderung Landai, Tak Ada Diskon Tarif Tol Saat Libur Nataru Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) tidak berencana untuk memberikan diskon tarif tol selama momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Sebab arus lalu lintas kali ini cenderung lebih landai.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octavian menjelaskan JSMR tidak berencana memberikan diskon tarif tol seiring dengan proyeksi pergerakan arus lalu lintas (lalin) selama momen Nataru 2023 yang dinilai cenderung lebih landai dibandingkan Lebaran.

Advertisement

"Untuk periode Nataru ini kami melihat dari hasil evaluasi, prediksi lalinnya ini mobilisasinya masih di bawah dari Lebaran. Jadi kami dari JSMR tidak ada rencana untuk mengusulkan diskon tarif tol pada saat Nataru," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Baca Juga:

Ada Diskon 20% Tarif Jalan Tol Selama Arus Balik Lebaran 2023, Catat Lokasinya

Hore! Pemberian Diskon Tarif Jalan Tol Cibitung-Cilincing Diperpanjang

Tarif Tol dan Tiket Kereta Api Arus Balik Bakal Didiskon, Asal...

Dengan demikian, imbuh Lisye, Jasa Marga optimistis dapat mendistribusikan arus lalu lintas hanya dengan menggunakan skema rekayasa lalu lintas saja tanpa perlu menerapkan diskon tarif di sejumlah ruas miliknya. Pasalnya, penerapan diskon tarif tol selama periode Lebaran dilakukan guna mendistribusikan lalu lintas di sejumlah titik tol. Di samping itu, urgensi penerapan diskon tarif tol selama momentum Lebaran tahun lalu juga mempertimbangkan pengoptimalan pendapatan perseroan.

"Karena tujuannya [diskon tarif saat Lebaran] untuk mendistribusikan lalin. Justru kita mencari nilai optimal terhadap pendapatan tersebut karena dengan adanya macet justru volumenya stagnan hingga tak terdistribusi," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut hingga saat ini pemerintah memang belum memutuskan ketetapan mengenai pemberlakuan diskon tarif tol selama momen Nataru. Namun demikian, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) unsur Masyarakat Tulus Abadi menjelaskan, Kementerian PUPR terus berupaya melakukan diskusi mengenai penetapan pemberian diskon tarif tol guna menyebar kepadatan kendaraan di jalan tol.  "Karena yang terpenting bagi masyarakat itu bukan diskon, melainkan kelancaran arus mudik," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Bantul
| Minggu, 25 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement