Advertisement

Kirim Surat ke Masjid di Indonesia, Dubes Palestina Minta Doa

Erta Darwati
Jum'at, 13 Oktober 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Kirim Surat ke Masjid di Indonesia, Dubes Palestina Minta Doa Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun (kedua dari kiri). - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) angkat suara soal Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun yang berkirim surat kepada pengurus masjid di Indonesia untuk melakukan khotbah Jumat mengenai Palestina. 

Juru Bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan memang ada surat yang dikirim, tetapi dia menekankan tanpa surat pun Indonesia pasti selalu mendoakan Palestina.  "Jadi memang ada surat yang dikirimkan oleh dubes Palestina kepada pengurus-penagurus msjid. Tanpa surat itu pun, hampir seluruh masjid-masjid di di Indonesia selalu mendoakan," katanya, Jumat (13/10/2023). 

Advertisement

Dia mengatakan bahwa tugas seorang dubes memang selain memajukan hubungan pemerintahan juga melakukan engagement.  "Saudara-saudara muslimnya di Palestina, Afghanistan, di tempat konflik maupun tempat bencana seperti yang lalu di Turki. Selalu ada doa. Tugas seorang Dubes memang selain memajukan hubungan government juga people, jadi kami bisa memahami, beliau melakukan engagement ke level itu," ujarnya. 

Meski begitu, dia menyayangkan bahwa hal itu hanya disampaikan melalui surat, padahal menurutnya bisa dilakukan pertemuan dengan pihak terkait.  "Hanya sayangnya kami sudah sampaikan ke dubes Palestina, sayangnya itu disampaikan dalam bentuk surat. Harusnya beliau bisa langsung melakukan pertemuan dengan pihak-pihak tersebut," tambahnya. 

BACA JUGA: Perang Israel-Hamas, Yenny Wahid Dorong Pemerintah Lakukan Upaya Deeskalasi di Gaza

Dia menjelaskan isi surat tersebut sebenarnya normatif, seperti ucapan terima kasih atas dukungan ke Palestina dan meminta doa.  "Kalau isinya sebenarnya normatif, isinya ucapan terima kasih atas dukungan yg disampaikan pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia terhadap isu Palestina terhadap kemerdekaan Palestina terhadap 2 stage solution. Isinya itu sebetulnya, dan yang kedua meminta doa," ucapnya.

Dia menyatakan bahwa tanpa diminta semua masjid di Indonesia di doa penutup khotbah pasti akan menyampaikan doa untuk Palestina.  "Sudah saya sampaikan di awal tanpa diminta pun kalau doa itu semua masjid dalam doa penutup khotbah pasti menyampaikan doa itu," tambahnya. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan mengenai upaya Indonesia agar konflik Palestina dengan Israel tidak berdampak ke dalam negeri, yaitu sejak awal Presiden RI sudah memerintahkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk melakukan engagement di tingkat internasional.  "Terkait dengan mengenai upaya Indonesia supaya tidak berdampak ke dalam negeri, sejak awal sudah kita sampaikan bahwa dari awal terjadinya konflik presiden sudah memerintahkan bu menlu untuk melakukan engagement di tingkat internasional dalam rangka pertama adalah humanitarian concern jadi keprihatinan terhadap masalah kemanusiaannya dulu itu yang di kedepankan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Online, Jumat 4 Mei 2024, Update Tol Jogja YIA Hingga Daftar Bank Bangkrut

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement