Advertisement

Sosok Luhut Pandjaitan Dimata SBY dan Prabowo

Reyhan Fernanda Fajarihza
Jum'at, 29 September 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Sosok Luhut Pandjaitan Dimata SBY dan Prabowo Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri perayaan HUT ke-76 Luhut Pandjaitan pada Kamis (2892023). - Instagram @luhut.pandjaitan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan testimoni terkait Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Prabowo mengumpamakan hubungannya dengan Luhut ibarat serial kartun Tom and Jerry. Hal itu diungkapkan dalam acara peluncuran buku "Luhut Binsar Panjaitan Menurut Kita-kita" di Sopo Del Tower, Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan pada Kamis (28/9/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Luhut Bantah Temuan Ombudsman Soal Relokasi Warga Pulau Rempang

Dalam peluncuran buku karya Peter F. Gontha dan Mahpudi itu, Prabowo bersama beberapa tokoh lainnya turut memberikan testimoni mengenai sosok Luhut.

"Saya ini susah kalau bicara tentang Pak Luhut, karena beliau mantan komandan saya. Jadi di tentara itu once a commander, always a commander. Kalau beliau panggil saya, saya langsung siap," kata Prabowo disambut gelak tawa hadirin.

Lebih lanjut, dia menceritakan riwayatnya dengan Luhut yang dimulai dari masa-masa pengabdian bersama di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Prabowo menyebut bahwa Luhut merupakan sosok penting yang turut membentuk dirinya hingga saat ini.

"Kita terus bersama-sama. Kita mendirikan pasukan antiteror bersama, kita sekolah bersama di Jerman, dan sebagainya," lanjut Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Dengan nada bergurau, dia menceritakan bahwa mestinya Luhut dan dirinya tak boleh terlalu dekat karena akan bertabrakan. Dia mengaitkan hal ini dengan hobinya memelihara kuda. Sifat kuda yang hebat ada pada diri keduanya.

"Jadi kalau jauh kita rindu, kalau dekat kita susah kerja. Akhirnya orang-orang bilang kami mirip Tom and Jerry," kelakarnya.

Pada akhir testimoninya, sebelum meninggalkan panggung, Prabowo dan Luhut sempat saling memberikan hormat ala militer.

Adapun acara yang sekaligus merayakan ulang tahun Luhut ke-76 ini juga dihadiri berbagai pejabat dan tokoh bangsa RI lainnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, sosok yang hadir antara lain Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga ketua PSI Kaesang Pangarep.

SBY Kenang Luhut

Sementara itu, Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki kisah menarik terhadap Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan. 

"Judul testimoni saya untuk Pak Luhut, 'Not only man of ideas, tapi man of ideas and man of action' ini penting," katanya, di Gedung Sopo Del Tower, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023). 

SBY bercerita, saat bertemu Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, dia membicarakan masa lalu termasuk membahas tentang Luhut. 

"Waktu saya bertemu sahabat saya Prabowo Subianto last week, kebetulan kita juga berbicara masa lalu kenangan waktu berdinas di TNI termasuk membahas pak Luhut," ujarnya. 

Dia mengatakan bahwa sejak dulu Luhut memang man of ideas, yang ingin menjadi bagian dari solusi. 

"Saya katakan kepada sahabat dekat saya, cocok gak pikiran saya dahulu itu memang man of ideas, man of action, ingin menjadi bagian dari solusi, dan kalau dikasih kerjaan tuntas, Pak Prabowo mengatakan exactly right, jadi paling tidak ada kekuatan dari Bung Prabowo mengenal sosok Pak Luhut Binsar Pandjaitan," tambahnya. 

Lebih lanjut, SBY menyatakan bahwa Luhut merupakan senior yang menonjol. "Saya mengenal beliau waktu masih tingkat satu bersama Prabowo waktu itu kami masih ada di Magelang, Pak Luhut sudah ke Bandung pendidikan infanteri lanjutan, adapun saya mengenal beliau salah satu senior yang menonjol," ucapnya. 

Dia menjelaskan bahwa Luhut senior yang menonjol karena prestasi akademiknya, dan lulus dengan Adhi Makayasa. 

"Dan biasanya menonjol karena prestasi akademiknya, beliau lulus dengan Adhi Makayasa yang diberikan oleh Presiden Soeharto. So dari awal kami sudah melihat beliau sebagai sosok yang menonjol, yang baik," tambahnya. 

SBY menyebut bahwa dirinya mulai dekat dengan Luhut saat dirinya berpangkat letnan kolonel dan sering berdiskusi. 

"Yang kedua mulai dekat waktu Saya berpangkat letnan kolonel dan Pak Luhut kolonel, kita sering berdiskusi sebetulnya dengan Bung Prabowo juga, Mas Agus Wijoyo dan lain lain. Apa yang kami diskusikan bagaimana TNI Angkatan Darat makin ke depan makin maju. Saya lebih tahu lagi memang beliau betul-betul main of ideas," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo, DPC PDIP Terima Pendaftaran Kader Partai Lain

Kulonprogo
| Minggu, 28 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement