Advertisement

Demokrat Disebut Belum Tentu Mendukung Maksimal Prabowo Subianto

Newswire
Kamis, 28 September 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Demokrat Disebut Belum Tentu Mendukung Maksimal Prabowo Subianto Bendera Partai Demokrat / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BENGKULUPartai Demokrat disebut belum tentu maksimal mendukung dan memenangkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden ketika Agus Harimurti Yudhoyono tidak dipilih sebagai calon wakil presiden. Hal ini diutarakan Pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Sugeng Suharto.

"Bergabungnya Demokrat tentu menambah kuat peta dukungan untuk Prabowo, namun demikian, saya melihat Demokrat itu dengan catatan tak tertulis itu mengusulkan AHY menjadi pasangan wakil presiden. Saya kira itu politik besarnya seperti itu, cuma kan tidak tertulis secara administratif," kata Sugeng Suharto di Bengkulu, Kamis (28/9/2023).

Advertisement

Dia mengatakan ketika AHY tidak dipilih Prabowo sebagai pasangan cawapres untuk Pemilihan Presiden 2024, hal tersebut bisa menjadi permasalahan apakah mesin pemenangan pemilu Demokrat akan bekerja maksimal untuk Prabowo atau hanya akan fokus pada Pemilu Legislatif 2024 saja.

"Sebenarnya Demokrat mau ke Prabowo ada pesan sponsor dibalik itu, supaya AHY jadi wakil, tapi ketika tidak apakah akan tetap maksimal dan tulus mendukung Prabowo," kata dia.

Demokrat, lanjut Sugeng memang telah mendeklarasikan diri mendukung Prabowo dan dukungan tersebut akan tetap diberikan hingga pemilihan nanti.

"Statement politiknya tetap mendukung Prabowo, yang akhirnya masyarakat pemilih Demokrat melihat parpolnya mendukung Prabowo, itu akan tetap. Tapi bagi para elite (politikus) di Demokrat apakah akan betul-betul mendukung [ketika tidak dapat kursi cawapres], akhirnya mungkin hanya jadi pendukung pasif saja," ucap Sugeng.

BACA JUGA: Hasil 16 Besar Asian Games 2022, Indonesia vs Uzbekistan, Garuda Muda Tersingkir

Pakar politik Dr Panji Suminar menilai Partai Demokrat terlalu reaktif saat menghadapi dinamika pilpres yang terjadi dalam koalisi pendukung Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

"Demokrat terlalu reaktif, sedangkan dalam politik itu tidak ada hitam atau putih, wilayahnya di abu-abu. Saya menilai ini jadi kerugian bagi Demokrat," kata dia.

Sikap Demokrat yang terlalu reaktif menanggapi dinamika politik tentunya membuat parpol yang dipimpin AHY itu tidak mungkin kembali ke dalam barisan koalisi mendukung Anies Baswedan.

Kemudian kalau pun ikut gerbong yang mendukung Prabowo Subianto, tentunya menurut Panji, Demokrat tidak memiliki posisi tawar yang kuat, dan akhirnya berada pada posisi sebagai pengikut saja dalam koalisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Seorang Pria di Bantul Ditemukan Meninggal, Diduga Gantung Diri

Bantul
| Kamis, 09 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement