Advertisement

Gawat! Perang Besar Israel-Palestina Bisa Meletus di Jenin

Erta Darwati
Selasa, 04 Juli 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Gawat! Perang Besar Israel-Palestina Bisa Meletus di Jenin Warga sipil yang tinggal di kamp pengungsi Jenin, tempat pasukan Israel melanjutkan serangannya, meninggalkan rumah mereka di Jenin, Tepi Barat pada 3 Juli 2023. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perwakilan khusus Uni Eropa untuk proses perdamaian Timur Tengah Sven Koopmans mengatakan perang besar antara Israel-Palestina ada kemungkinan meletus di Jenin. 

Dia juga menyerukan kepada semua pihak untuk berupaya melindungi warga sipilnya di Jenin, lokasi mendaratnya serangan Israel. 

Advertisement

BACA JUGA: Israel dan Palestina Sepakat Gencatan Senjata yang Dimediasi Mesir

Dia telah mengikuti kejadian di Jenin dengan cermat, yang selama ini terjadi setelah berbulan-bulan dengan meningkatnya kekerasan di sana. 

“Kami meminta semua pihak untuk melindungi kehidupan sipil dan menghormati hukum kemanusiaan,” katanya dalam sebuah cuitan, seperti dilansir dari Aljazeera, pada Selasa (4/7/2023). 

Lebih lanjut, dia telah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Irlandia, Micheal Martinkeduanya telah membahas situasi mengerikan di Jenin dan perlu terjalinnya kerja sama untuk perdamaian dan keamanan. 

Terlihat dari cuplikan di media sosial, para pengungsi di kamp pengungsi Jenin dievakuasi semalaman. Banyak yang turun ke jalan dengan berjalan kaki, karena takut kekerasan berlanjut di daerah tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen memberi isyarat bahwa negaranya tidak berniat untuk memperluas operasinya di Jenin ke seluruh Tepi Barat yang diduduki. 

Menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), kamp pengungsi Jenin telah menjadi tempat penderitaan selama beberapa dekade. Kamp itu menjadi tempat kekerasan selama Intifada Kedua, pemberontakan bersenjata yang dimulai pada 2000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prangko Seri Penanda Kota Buk Renteng, Jadi Kado HUT Sleman

Sleman
| Kamis, 16 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement