Advertisement

Uni Eropa Serukan Gencatan Senjata Israel-Palestina

John Andhi Oktaveri
Rabu, 19 Mei 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Uni Eropa Serukan Gencatan Senjata Israel-Palestina Asap dan api membumbung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Gaza (12/5/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Belasan serangan udara terus dilancarkan ke Jalur Gaza, Palestina hingga Selasa (18/5) malam meski Presiden AS Joe Biden telah menyatakan dukungan untuk gencatan senjata antara Israel dan Hamas dalam kontak telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Setidaknya 217 warga Palestina, termasuk 63 anak-anak, tewas di Gaza sejak serangan dimulai. Sekitar 1.500 warga Palestina terluka. Sementara itu, dua belas orang di Israel tewas, termasuk dua anak-anak dan setidaknya 300 lainnya luka-luka.

Advertisement

BACA JUGA : 212 Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Brutal Israel

Biden mengadakan percakapan telepon ketiganya dengan Netanyahu sejak kekerasan meletus pada 10 Mei dan menyatakan dukungan untuk gencatan senjata. Tapi presiden AS tidak menuntut diakhirinya tindak kekerasan.

Kepala bidang Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell juga menyerukan gencatan senjata setelah melakukan konferensi video dengan para menteri luar negeri perserikatan negara-negara Eropa tersebut.

Dia menambahkan bahwa bahwa seruan itu didukung oleh semua negara anggota blok, kecuali Hongaria.

Sementara itu, di wilayah pendudukan Tepi Barat, pasukan Israel menembak mati empat pengunjuk rasa Palestina selama demonstrasi seperti dikutip Aljazeera.com, Rabu (19/5/2021).

BACA JUGA : Indonesia Bersama Malaysia & Brunei Dukung Kemerdekaan Palestina

Di dalam negeri sendiri Presiden Biden dikritik oleh Anggota DPR Rashida Tlaib yang menilai bahwa pengganti Donald Trump itu tidak berbuat banyak untuk melindungi kehidupan dan hak asasi manusia di Palestina.

Sebelumnya Anggota DPR lainnya, Ilhan Omar juga mengeritik sikap Biden yang mendukung serangan Israel dengan dalih untuk membela diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Al Jazeera

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement