Advertisement

Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 13 Juni 2023 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bibir merah merona, lembut, dan kenyal dapat menunjang penampilan wanita. Namun bibir yang kering hingga pecah-pecah kerap kali membuat lipstik yang digunakan tidak mampu bertahan lama.

Bibir berbeda dengan kulit yang memiliki melanin untuk melindungi kulit dari sinar matahari serta kelenjar minyak guna menjaga kelembapan alami pada kulit.

Advertisement

Lapisan bibir juga jauh lebih tipis 4–5 kali dari kulit membuat bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah bahkan tak jarang sampai mengelupas.

Penyebab umum lainnya yakni dehidrasi, sering menjilati bibir, cuaca dingin, cuaca panas atau kering, reaksi terhadap obat (misalnya obat penurun kolesterol.), kekurangan vitamin (zat besi, vitamin B), atau kondisi medis (alergi, gangguan tiroid, beberapa gangguan autoimun).

“Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh paparan lingkungan yang menyebabkan iritasi, termasuk air liur dan menjilat bibir, makanan pedas, dan cuaca dingin dan kering,” ujar Dr. Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City melansir dari Everyday Health.

Baca juga: 75 kloter Jamaah Indonesia Masih di Madinah

Menjaga atau mengembalikan kelembapan bibir pun menjadi hal terpenting dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, berikut sejumlah rekomendasi dari para dermatologi melalui American Academy of Dermatology Association.

1. Rutin menggunakan lip balm

Lip balm akan menjaga dan mengembalikan kelembapan alami pada bibir, lebih baik lagi jika mengandung SPF (atau mengandung titanium oxide, zinc oxide) terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan atau setidaknya mengandung satu atau lebih bahan seperti castor seed oil, mineral oil, shea butter, ceramide, dimethicone, petrolatum atau white petroleum jelly.

2. Minum banyak air

Memenuhi asupan air dalam tubuh membuat tubuh terhidrasi dari dalam dan terhindari dari kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Setidaknya minum sekitar 3,7 liter air perhari untuk pria dan 2,7 liter air per hari untuk wanita.

3. Berhenti menjilat, menggigit, dan mengelupas bibir

Saat bibir terasa kering, tanpa sadar atau secara alami akan membasahinya dengan menjilat namun bukannya mengatasi justru memperburuk masalah. Sebab air liur yang menguap akan membuat bibir jauh lebih kering.

Sementara menggigit atau mengelupas bibir kering atau pecah pecah dapat menyebabkan iritasi serta mencegah proses penyembuhan.

4. Hindari memegang benda berbahan logam dengan bibir

Satu kebiasaan yang sering kali dilakukan ketika kedua tangan penuh memegang benda ialah menggunakan mulut atau bibir untuk memegang benda seperti penjepit kertas, perhiasan, dan produk sehari-hari lainnya yang terbuat dari logam. Nyatanya bahan logam berpotensi mengiritasi bibir yang cenderung lebih sensitif daripada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabar Duka, Mantan Bupati Bantul Suharsono Meninggal Dunia

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement