Advertisement

Panggil Prabowo ke Istana, Jokowi Bakal Ungkap Proposal Menhan Terkait Rusia-Ukraina

Dany Saputra
Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Panggil Prabowo ke Istana, Jokowi Bakal Ungkap Proposal Menhan Terkait Rusia-Ukraina Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menhan Prabowo Subianto (kiri) tiba di lokasi Rapim Kemhan 2023 di Jakarta, Rabu (18/1/2023). Rapim Kemhan 2023 mengangkat tema Pertahanan Negara yang Kuat Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - tom.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi Istana Merdeka usai dipanggil oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (9/6/2023). Kehadiran Prabowo diduga kuat buntut dari proposal resolusi konflik antara Rusia-Ukraina.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa Menhan dipanggil oleh Presiden Joko Widodo. "Betul Pak Menhan dipanggil Bapak Presiden ke Istana Merdeka sore ini," kata Bey kepada wartawan, Jumat (9/6/2023). 

Advertisement

Bey tak mengonfirmasi terkait dengan apa pembahasan kedua mantan rival dalam dua kali Pemilihan Presiden (Pilpres) itu.

BACA JUGA: Mahfud MD Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Reaksinya

Saat ditanya apabila kedatangan Prabowo sore ini terkait dengan proposal perdamaian Ukraina yang disampaikannya, Bey mengatakan bahwa Presiden sudah menanyakan hal tersebut. 

"Bapak Presiden tentunya sudah menanyakan terkait masalah ini. Tapi untuk hasil pembahasannya apa, pada saatnya Bapak Presiden akan menyampaikan langsung pada teman-teman media," ucapnya. 

Untuk diketahui, berdasarkan pantauan JIBI, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu terlihat hadir pukul 15.30 WIB dengan menggunakan kendaraan Toyota Alphard berwarna putih. 

Prabowo mengenakan kemeja putih dengan celana bahan berwarna hitam lengkap dengan menggunakan peci. Adapun, Prabowo dan Jokowi diperkirakan berbincang selama 1.30 jam, sebab sang Menhan keluar dari halaman Istana pada pukul 16.21 WIB.

Meskipun belum ada keterangan resmi, tetapi kedatangan Prabowo ke Istana adalah untuk memberikan penjelasan ke Presiden Jokowi terkait proposal perdamaian Rusia Ukraina.

Sebelumnya, Kepala Negara juga bertemu dengan Menhan di sela-sela kunjungan kerja (kunker) di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (7/6/2023).

Seperti diketahui, Prabowo menghadiri International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue ke-20 di Singapura pekan lalu. Pada forum internasional tersebut, Prabowo menyampaikan proposal perdamaian antara Ukraina-Rusia. 

Proposal perdamaian tersebut menuai kontroversi setelah pihak Ukraina justru menolak proposal tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement